Find Us On Social Media :

Diduga Buat Pasokan Senjata KKB Papua, Penyelundup 103 Butir Amunisi dan Ganja Berhasil Ditangkap, Kapolda Papua Ultimatum Akan Lakukan Ini

Polda Papua melalui Direktorat Reserse Narkoba berhasil menangkap dua pelaku penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja serta pemilik 103 butir amunisi aktif yakni berinisial CH (35) dan FK (34).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Polisi menangkap penyelundup ratusan butir amunisi asal negara Papua Nugini (PNG) di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Kamis (16/2/2023).

Pelaku berinisial FK yang merupakan warga PNG awalnya ditangkap atas dugaan peredaran ganja sebanyak 8 karung.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunPapua, 18 Februari 2023, pelaku lalu digiring ke Markas Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Papua untuk diperiksa mendalam.

Petugas menyita barang bukti 103 butir amunisi dari tangan FK.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menegaskan akan mengungkap peredaran gelap amunisi tersebut.

"Saya sudah minta kepada Dirnarkoba untuk bekerja sama dengan Krimum (Direktorat Reserse Kriminal Umum) dan Satgas Damai Cartenz, untuk mengetahui mau dibawa ke mana ini (amunisi), mau dijual ke mana," ujarnya di Jayapura, Jumat (17/2/2023).

Belum bisa dipastikan apakah ratusan butir amunsi tersebut hendak dikirim ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hanya, Fakhiri menegaskan penyelundupan senjata api dan amunisi kepada KKB harus diputus agar warga sipil dan aparat keamanan tak menjadi korban aksi kekerasan KKB.

"Asupan logistik kepada kelompok ini harus kita putus, logistiknya berupa senjata dan amunisi, termasuk itu juga kepada kami aparat TNI-Polri, jangan coba-coba," kata dia.

Baca Juga: Terkendala Cuaca Buruk, Proses Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi Dihentikan Sementara, Basarnas Siagakan Ini

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Papua, Kombes Alfian menjelaskan, penangkapan FK berawal dari adanya laporan masyarakat yang mencurigai seorang pria berinisial CH.