Find Us On Social Media :

Sudah Kepung Markas KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya, Aparat Justru Temui Kendala hingga Tak Bisa Bawa Kapten Philips Pulang

KKB Papua Egianus Kogoya masih menyandera pilot Susi Air, Kapten Philips

GridHot.ID - Kapten Philips Marthens, Pilot Susi Air masih belum bisa dibebaskan oleh TNI-Polri dari tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Sebagai informasi, Philips yang merupakan warga negara Selandia Baru bersama lima penumpang Susi Air hilang kontak sesaat setelah mereka mendarat di Bandar Udara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2/2023).

Diketahui dari TribunPapua, pesawat dengan nomor registrasi PK-BVY itu diduga dibakar oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya sesaat setelah mendarat.

Lima penumpang merupakan orang asli Papua (OAP).

Kelimanya telah dievakuasi dan kembali ke rumah masing-masing.

Penyanderaan pilot pesawat Susi Air, Philips Mark Marthens (37), oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya telah memasuki hari ke-22.

Sejak ditawan pasca-peristiwa pembakaran pesawat pada 7 Februari 2023, pemerintah sebetulnya telah berupaya untuk melakukan pembebasan.

Akan tetapi, berbagai kendala tiba-tiba ditemui aparat TNI dan Polri ketika langkah pembebasan Philips akan dilakukan.

Salah satu kendalanya adalah ketika Selandia Baru, negara asal Philips, tiba-tiba meminta Indonesia supaya penyelamatan tersebut tidak dilakukan dengan cara kekerasan.

Hal ini pun membuat aparat TNI dan Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Damai Cartenz mengurungkan misi operasi pembebasan Philips.

Tak ayal, Indonesia untuk sementara waktu memilih jalur negosiasi yang hingga kini belum membuahkan hasil.

 Baca Juga: 20 Hari Egianus Kogoya Sandera Pilot Susi Air, KKB Papua Sebar Pasukan di 4 Wilayah, Jubir OPM: Kami Bisa Lawan TNI-Polri Jika Negoisasi Gagal