Find Us On Social Media :

Rumah Runtuh Kendaraan di Sekitar Gosong Total, Mobil Pengantar Jemaah Umrah Milik Warga Tetap Utuh Kinclong di Tengah Kobaran Depo Pertamina Plumpang

Ledakan Depo Pertamina Plumpang

Gridhot.ID - Depo Pertamina Plumpang terbakar hebat pada Jumat, 3 Maret 2023.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Depo Pertamina Plumpang yang berada di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara meledak hebat hingga menyebabkan korban tewas dan luka parah.

Penyelidikan mengenai penyebab kebakaran di Depo Pertamina Plumpang masih terus diselisidiki polisi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kebakaran tersebut diduga terjadi saat proses pengisian tangki bahan bakar BBM jenis Pertamax.

BBM Pertamax tersebut didatangkan dari kilang minyak Balongan, Cilacap, Jawa Tengah.

Menurut Sigit, pengisian BBM Pertamax di Depo Pertamina Plumpang dilakukan sekitar pukul 20.00 WIB.

"Sementara yang bisa kita jelaskan kejadian kemarin, kurang lebih jam 20.00 WIB, sedang terjadi pengisian penerimaan minyak jenis Pertamax," kata Listyo, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (4/3/2023).

Saat proses pengisian tangki itu, Listyo menyebut terjadi gangguan teknis yang menyebabkan adanya tekanan berlebihan. Gangguan teknis ini diduga kemudian memantik adanya kebakaran.

Namun Sigit belum bisa memastikan mengenai sumber api bermula yang diduga memicu kebakaran.

Ia menuturkan, tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri dibantu Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) dan Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Pusinafis) terus mendalami peristiwa ini.

Pihaknya juga telah memeriksa sejumlah saksi dan CCTV yang berada di sekitar lokasi.

Baca Juga: Macam-macam Kedutan di Area Kaki Menurut Primbon Jawa, Bagian Tumit Pertanda Rezeki