Find Us On Social Media :

Geng Rafael Alun Trisambodo di Kemenkeu Jadi Sorotan, Disebut Punya Pola Sangat Canggih untuk Samarkan Harta, KPK: Geledah!

Rafael Alun Trisambodo (kiri). KPK menemukan indikasi tentang adanya geng ASN tajir di kalangan pegawai DJP Kementerian Keuangan.

Gridhot.ID - Dugaan adanya geng ASN tajir di Kementerian Keuangan mencuat, menyusul klarifikasi kekayaan fantastis Rafael Alun Trisambodo.

Pada Rabu (1/3/2023), KPK meminta klarifikasi dari Rafael Alun Trisambodo atas dugaan kekayaan tidak wajar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tercatat berjumlah Rp 56,1 miliar.

Setelah proses klarifikasi itu, KPK menyatakan menemukan indikasi tentang kelompok atau geng ASN tajir di kalangan pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, pihaknya memang menerima informasi soal adanya geng ASN tajir di DJP.

Pahala mengungkapkan, geng ASN tajir ini tahu cara menyamarkan harta kekayaan mereka supaya tidak mencurigakan.

Karena itu, Pahala mengatakan pemeriksaan terhadap geng ASN tajir di DJP bukan perkara yang mudah.

Pasalnya, kata Pahala, orang-orang di Ditjen Pajak adalah orang yang paham soal keuangan.

"Sekali lagi ini bukan sederhana, sulit pasti, ini kan orang keuangan benar. Dia tahu banget gimana cara ke sana kemari."

"Jadi kita ingin polanya dulu dapat baru ke yang lain," ungkap Pahala ditemui Tribunnews.com di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (1/3/2023).

Lebih lanjut, Pahala menekankan, sangat penting untuk mencari tahu pola keuangan para geng ASN tajir tersebut.

Hal ini untuk mengetahui bagaimana para 'anggota' geng saling terhubung dan mendapat penambahan harta.

Baca Juga: Harta Rafael Alun Sulit Disita Negara, KPK Sebut Ayah Mario Dandy Pakai Trik Ini untuk Transaksi: Dia Pintar Bukan Orang Sembarang