Find Us On Social Media :

Diperintah Egianus Kogoya, Pecatan TNI Tembak 2 Warga Sipil di Yahukimo, Aksinya Diduga untuk Bantu KKB Papua Penyandera Pilot Susi Air

Yotam Bugiangge (kiri) melakukan aksi penembakan diduga untuk membantu KKB Papua penyandera pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen (kanan).

Gridhot.ID - Dua warga sipil di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan menjadi korban penembakan KKB Papua, Rabu (8/3/2023) malam.

Melansir dari Kompas.com, insiden penembakan KKB Papua terjadi di Jalan Poros Logpond KM2, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kedua korban berboncengan menggunakan sepeda motor dari arah komplek PJRR menuju arah kota dan saat melintas di Jalan Poros Logpond KM2, ditembak KKB Papua.

Kedua warga sipil yang menjadi korban yaitu Emon Pahabol (18) seorang pelajar dan warga asli Yahukimo dan Viktor Hadi Sampa (24) seorang warga Dekai asal Tana Toraja.

Kedua korban meninggal dunia setelah mendapat penanganan di rumah sakit akibat penembakan yang dilakukan KKB Papua.

"Sekira pukul 19.40 WIT, terdengar suara letusan sebanyak dua kali, selang lima menit, seorang masyarakat datang melapor ke Polres Yahukimo bahwa ada 2 orang tergeletak di Jalan Poros Logpon," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Kamis (9/3/2023).

Setelah mendapat laporan warga, tim gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz 2023 mendatangi lokasi kejadian.

Petugas mendapati korban Emon Pahabol mengalami luka tembak di pinggul kiri, kepala, serta lecet pada pipi, tangan, dan kaki. Korban dinyatakan meninggal pada pukul 22.09 WIT.

Sedangkan Viktor Hadi Sampa menderita luka tembak di punggung, leher serta lecet di kaki kiri. Korban dinyatakan meninggal pukul 23.05 WIT.

Fakhiri mengatakan, dalang di balik penembakan itu KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya yang berasal dari Nduga.

Menurut dia, ada dugaan kuat pelaku penembakan adalah Yotam Bugiangge atas perintah Egianus Kogoya.

Baca Juga: Komandan TNI Ikut Tertembak, Elkius Kobak Dalangi Serangan KKB Papua di Yakuhimo, Ini Identitas 3 Prajurit yang Jadi Korban