Find Us On Social Media :

Pilot Susi Air Berkebangsaan Afrika Selatan Dilepas Tanpa Cedera, KKB Papua Nitip Surat Terbungkus Plastik Merah, Satgas Cartenz Buka Suara

LR, pilot Susi Air berkebangsaan Afrika Selatan menerima sepucuk surat dari anggota KKB Papua. Surat itu berisi permintaan KKB pada dunia internasional untuk memerdekakan Papua

GridHot.ID - Kamis (16/3/2023), Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menitipkan sebuah surat.

Surat tersebut dititipkan ke pilot Susi Air PK-BVC berinisial LR (Afrika Selatan) di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Melansir pos-kupang.com, KKB Papua kembali membuat heboh. Kamis 16 Maret 2023 kemarin, salah seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata menitipkan sepucuk surat melalui LR, pilot Susi Air.

Isi surat itu bikin merinding karena meminta negara-negara di dunia untuk memperjuangkan kemerdekaan Papua.

Surat itu juga menyinggung nama pilot Susi Air berkebangsaan Australia, Phillips Mark Merthens, yang sampai saat ini masih disandera oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Dilansir Pos-Kupang.Com dan TribunPapua.com, Komandan Satgas Ops Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani membenarkan adanya insiden tersebut ketika dikonfirmasi awak media.

"Hari ini kami mendapat informasi bahwa pilot Susi Air yang melayani penerbangan Timika - Distrik Jila, menerima surat dari KKB Papua,” ujarnya.

Surat itu diberikan anggota KKB Papua tersebut, setelah pesawat Susi Air mendarat mulus di bandara di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Setelah pesawat mendarat, salah satu anggota KKB menitipkan surat itu," ujar Faizal Ramadhani di Mimika, Kamis 16 Maret 2023.

Penyerahan surat tersebut, lanjut Faizal Ramadhani, terdokumentasi dalam sebuah video yang didapatkan oleh aparat keamanan.

Dalam video tersebut, tampak seseorang yang diduga merupakan pimpinan kelompok tersebut, memberikan sesuatu kepada pilot LR.

Baca Juga: Sebby Sambom Sering Lempar Omong Kosong Belaka, Ali Kabiay Pastikan Posisi Jubir KKB Papua Bukan di Tanah Bumi Cendrawasih, Berikut Sederet Penipuan yang Pernah Dibuatnya