Find Us On Social Media :

Sebelumnya Mendapat Kuota 2.450, Pemprov Jawa Timur Sebut Akan Meningkatkan Jumlah Formasi pada ASN PPPK 2023

Ilustrasi PPPK 2023

GridHot.ID - Kabar pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 masih belum juga menemui kejelasan hingga kini.

Namun pemerintah sudah memastika melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka rekrutmen CPNS dan PPPK 2023.

Namun lagi-lagi, pihak pemerintah baru sebatas merancang kalender rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 dan belum meluncurkannya secara resmi.

Selain itu, sesuai dengan peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang jabatan pelaksana Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan instansi pemerintah.

Seperti dilansir dari TribunGayo, bahwasanya, tes CPNS 2023 akan diprioritaskan bagi jabatan pelaksana prioritas saja.

Kemudian, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni juga membeberkan informasi bahwa untuk penetapan formasi CPNS 2023 akan diumumkan pada bulan April mendatang.

Sedangkan di daerah, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan masih banyak pekerjaan rumah dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama pada aspek pendidikan.

Emil mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan meningkatkan jumlah formasi pada ASN PPPK 2023 dari periode sebelumnya sebanyak 2.450 kuota.

"Apalagi, pemerintah pusat telah menjamin gaji ASN PPPK dan tunjangan guru melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Pokoknya, apa yang diamanatkan menjadi tanggung jawab. Kami harus mengusulkan semaksimal mungkin," ujar Emil melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan Emil pada Webinar Parade Diskusi PGRI.

Penyediaan gaji dan tunjangan guru ASN PPPK memang telah disediakan oleh pemerintah pusat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 212/PMK.07/2022 tentang Indikator Tingkat Kinerja Daerah dan Ketentuan Umum.

 Baca Juga: Pelaksanaannya Masih Menunggu Petunjuk Teknis dari Pusat, Kuota Formasi untuk PPPK Karangasem Bali Sebanyak 1.200