Find Us On Social Media :

Ustaz Abdul Somad Jelaskan Cara Membayar Utang Puasa yang Tidak Dilaksanakan Puluhan Tahun Lamanya, Apa yang Terjadi Jika Meninggal Duluan?

Ilustrasi puasa Ramadhan

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad ungkap tentang cara mengganti utang puasa Ramadhan yang tak dilakukan selama puluhan tahun.

Ustaz Abdul Somad jelaskan tentang niat dan cara penggantiannya yang sesuai dengan hadis.

Berikut penjelasan selengkapnya dari Ustaz Abdul Somad mengenai masalah ini.

Dikutip Gridhot dari Gramedia Blog, qadha puasa adalah puasa yang dilakukan untuk mengganti waktu puasa yang tidak dilaksanakan saat bulan Ramadhan.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim.

Akan tetapi, ada beberapa orang yang mungkin berhalangan atau tidak bisa melaksanakan puasa Ramadhan saat itu.

Oleh karena itu, orang-orang yang berhalangan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan maka harus mengganti puasa.

Hutang puasa dapat diganti dengan cara mengqadha puasa.

Dikutip Gridhot dari Banjarmasin Post, penceramah Ustaz Abdul Somad menjelaskan ketentuan mengganti utang puasa Ramadhan yang ditinggalkan atau tidak dikerjakan selama puluhan tahun.

Ustaz Abdul Somad mengimbau hukumnya wajib mengerjakan qadha puasa ramadhan bagi seorang muslim yang tak menunaikannya sesuai waktu yang ditetapkan di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang Allah perintahkan kepada umat Islam untuk menunaikan puasa wajib selama sebulan penuh.

Baca Juga: 'Kasihan', Ibunda Ajudan Pribadi Lemas Tahu Putranya Nipu Miliaran, 2 Hari Tak Nafsu Makan Mikir Anak Jadi Tersangka