Find Us On Social Media :

Salat Tarawih Ada Berbagai Macam Versi, Ustaz Abdul Somad Ungkap Kesepakatan Para Imam di Masa Lalu

Jamaah salat tarawih masjid Jogokariyan.

Gridhot.ID - Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang makna sesungguhnya dari salat Tarawih di bulan Ramadhan.

Ustaz Abdul Somad kemudian mengungkapkan tentang adanya berbagai versi tarawih di berbagai belahan dunia hingga akhirnya disepakati para imam besar.

Berikut penjelasan selengkapnya dari Ustaz Abdul Somad mengenai hal ini.

Dikutip Gridhot dari laman IAIN Palangkaraya, salat Tarawih adalah salat sunnah yang dikerjakan umat Islam setiap malam selama bulan Ramadhan.

Awalnya shalat ini dikenal dengan nama qiyam Ramadhan. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Malik, bahwa penamaan shalat ini dengan nama shalat Tarawih dimulai sejak zaman kekhalifahan Umar bin Khattab.

Artinya, sejak zaman Rasulullah saw sampai sebelum kekhalifahan Umar bin Kahattab, belum ada menyebut istilah salat Tarawih.

Ustaz Abdul Somad pun menjelaskan tentang makna dan sejarah dari salat Tarawih di bulan Ramadhan.

Dikutip Gridhot dari Sripoku, berikut penjelasan selengkapnya mengenai arti Tarawih yang disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad melalui tayangan YouTube Ustadz Abdul Somad Official.

Setelah berakhirnya bulan Sya'ban dan memasukki awal Ramadan, maka ritual pertama umat Islam setelah melakukan sholat Isya' yakni adalah sholat Tarawih.

"Tarawih itu berasal dari kata tarwihah yang artinya istirahat, satu kali istirahat tarwihah, dua kali istirahat tarwihah, tiga kali istirahat tarwihah, satu, dua, tiga maka disebut dengan tarawih," jelasnya.

"Tarawhi artinya sholat yang ada duduk istirahatnya, karena setelah 4 rakaat ayatnya panjang," tambahnya.

Baca Juga: Belasan Pistol Milik Dito Mahendra Ternyata untuk Bertempur, Polri Pastikan 9 Senjata Api Ilegal, KPK: Ada Peluru Tajamnya