Find Us On Social Media :

Lokasi Pilot Susi Air yang Disandera KKB Papua Terungkap, 5 Prajurit TNI Masih Hilang Usai Berusaha Dekati Markas OPM

Kondisi terbaru pilot Susi Air, Kapten Philips Marthen. Ia terlihat sehat dikelilingi pasukan KKB Papua di hutan Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan

Gridhot.ID - Dua bulan lebih pilot Susi Air, kapten Philip Mark Merthens disandera oleh KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Dikutip Gridhot dari Tribun Papua, pihak KKB Papua Egianus Kogoya memang sempat melakukan komunikasi untuk negosiasi dengan TNI Polri.

Namun permintaan Egianus Kogoya tak bisa dipenuhi karena pertimbangan jangka panjangnya yang bisa membahayakan masyarakat.

Pasalnya, Egianus Kogoya meminta senjata sebagai syarat untuk membebaskan pilot Susi Air.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pun mengakui tak mau melakukan penyerangan frontal ke KKB Papua agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, TNI melakukan pencarian langsung terhadap pilot Susi Air yang disandera KKB itu.

TNI mengaku telah menemukan lokasi pilot Susi Air disandera. Nahas, dalam penyergapan tersebut, seorang prajurit TNI tewas hingga lima orang lainnya belum diketahui nasibnya.

Lokasi diketahui

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono memaparkan kronologi soal peristiwa prajurit Satuan Tugas (Satgas) Batalion Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna yang diserang KKB saat operasi pencarian pilot Susi Air, di mana mereka mendekati lokasinya.

Penyerangan tersebut terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (15/4/2023) sore WIT.

Julius mengatakan, peristiwa penyerangan itu terjadi ketika Satgas Yonif Raider 321 sedang mendekati posisi penyandera Philips.

Baca Juga: 5 Arti Kedutan di Pinggul, Salah Satunya Pertanda Akan Dapat Untung