Find Us On Social Media :

Makanan Bersantan Diburu Saat Lebaran, Berikut Beberapa Cara untuk Menjaga Agar Kadar Kolesterol Tetap Normal Dalam Tubuh

Ilustrasi makanan yang bisa sebabkan kolesterol.

GridHot.ID - Sebentar lagi Lebaran, pastinya menu makanan yang dihidangkan untuk makan bersama keluarga adalah makanan khas lebaran.

Makanan khas lebaran yang tak mungkin ketinggalan adalah opor ayam, sambel goreng, rendang dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Kompas.com, opor ayam biasanya disajikan saat Lebaran di beberapa daerah di Indonesia.

Masakan ayam bersantan ini bercita rasa gurih dan kaya rempah.

Nah padahal sederet makanan tersebut adalah makanan yang tinggi kolesterol.

Lantas bagaimana agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal?

Mengonsumsi terlalu banyak daging dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah, terutama jika daging yang dikonsumsi mengandung banyak lemak jenuh.

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau yang disebut kolesterol jahat dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebagai alternatif, sebaiknya mengonsumsi sumber protein lainnya seperti ikan, kacang-kacangan, tahu, tempe, atau ayam tanpa kulit, karena sumber protein ini cenderung lebih rendah lemak dan kolesterolnya.

Jika ingin tetap mengonsumsi daging, sebaiknya memilih daging tanpa lemak atau dengan sedikit lemak, seperti daging ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak, dan memasaknya dengan cara yang lebih sehat seperti dipanggang atau direbus, daripada digoreng atau dipanggang dengan lemak.

Selain itu, disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah dan produk olahan daging seperti sosis, daging asap, dan bakso, karena tinggi kandungan lemak dan garamnya yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

 Baca Juga: Kalap Makan Daging Kurban Picu Kolesterol Tinggi, Jangan Panik Dulu, 7 Minuman Alami Ini Bisa Hempas Lemak Jahat di Tubuh