Find Us On Social Media :

Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah? Begini Anjuran Ulama, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Ilustrasi zakat fitrah

Gridhot.ID - Setiap umat muslim baik laki-laki maupun perempuan, wajib membayar zakat fitrah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu.

Selain itu, tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Lantas, kapan waktu terbaik membayar zakat fitrah?

Sesungguhnya waktu mengeluarkan zakat fitrah sudah dinyatakan dalam Al-Quran.

Menurut sabda Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, waktu terbaik membayar zakat fitrah adalah pagi hari menjelang salat Idul Fitri.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha', dan beliau memerintahkan zakat itu ditunaikan sebelum orang-orang keluar shalat Id." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Melansir laman NU Online, waktu paling utama mengeluarkan zakat fitrah memang sebelum umat Islam keluar untuk menunaikan salat Idul Fitri, tepatnya sejak terbit fajar hingga jelang salat Id.

Jika zakat itu dikeluarkan setelah salat Id, maka dianggap hanya sedekah biasa.

Waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah menurut para ulama yakni disarankan untuk menyegerakannya, satu atau dua hari sebelum hari lebaran.

Berbeda halnya jika ditunaikan sebelum salat Id. Para ulama memperbolehkan dan cenderung menyarankan untuk menyegerakannya.

Baca Juga: Arab Saudi dan UEA Diprediksi Lebaran 21 April, Bagaimana di Indonesia? Begini Kata Kementerian Agama