Find Us On Social Media :

5 Dampak Negatif Terlalu Lama Bermain Game Online, Agresif Meningkat Drastis Sampai Masalah Komunikasi

Ilustrasi anak main HP game online

Gridhot.ID - Game online kini menjadi salah satu hiburan yang disukai berbagai kalangan.

Mulai dari anak hingga orang dewasa hobi bermain game online melalui gawai mereka baik komputer maupun handphone di waktu senggang.

Dikutip Gridhot dari laman Wikipedianya, game online adalah permainan yang dimainkan lebih dari satu orang di dalam suatu jaringan baik menggunakan LAN atau internet.

Game online ini dulunya hanya tersedia di komputer saja sehingga para anak muda akan berkumpul di warnet untuk memainkan gim yang mereka suka.

Namun di era sekarang, game online sudah bisa diakses di handphone atau telepon genggam.

Anak kecil pun sudah ramai-ramai bermain game online menggunakan handphonennya tanpa kenal waktu.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, dampak negatif dalam bermain game online ini bisa muncul ketika anak bermain berlebihan atau terlalu sering.

Dilansir melalui laman Kementerian Kesehatan, dikatakan kalau kecanduan game online, memiliki akibat yang fatal.

Akan terjadi gangguan pada otak yang mengakibatkan sebuah ketergantungan atau kecanduan.

Seseorang yang mengalami kecanduan tersebut, akan kehilangan beberapa fungsi otaknya, yaitu kemampuan untuk memusatkan perhatian, merencanakan tindakan, dan kemampuan untuk membatasi.

Dengan begitu, untuk menghindari dampak buruk ini, orangtua perlu melakukan pengawasan terkait lamanya anak bermain hingga jenis permainan yang dimainkan oleh anak (apakah sesuai dengan usianya).

Baca Juga: Jejak Digital Virgoun Dikuliti, Dulu Puji Irana Rusli Bak Berlian di Depan Sosok Ini, Kini Malah Tega Selingkuhi, Netizen: Parah