Find Us On Social Media :

2 Pimpinan KKB Papua Saling Tembak, Holem Uamang Dieksekusi Mati di Beoga, Dituding Jadi Pengkhianat Karena Hal Ini

KKB Papua pimpinan Lewis Kogoya dan Joni Botak saling tembak di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Kamis (20/4/2023).

Gridhot.ID - KKB Papua pimpinan Lewis Kogoya dan Joni Botak saling tembak di Kampung Yulukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Kamis (20/4/2023) lalu.

Kelompok Lewis Kogoya mengeksekusi mati salah satu anggota KKB Papua pimpinan Joni Botak, Holem Uamang.

Sedangkan Joni Botak dikabarkan dalam keadaan kritis setelah mengalami luka tembak dan senjata tajam.

Mengutip dari Wartakotalive.com, perselisihan dipicu oleh ucapan Joni Botak yang menyatakan bahwa kelompok Lewis Kogoya adalah teroris.

Tudingan dilontarkan Joni Botak karena Lewis Kagoya melakukan penembakan terhadap pesawat kargo milik Asian One di Bandara Beoga.

Hal itu membuat Lewis Kogoya murka dan menjebak Joni Botak untuk datang ke Beoga dengan membawa amunisi.

Namun setelah amunisi diterima, Lewis Kogoya menyampaikan protes yang berujung pada penembakan terhadap Joni Botak.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom kemudian mengklaim telah mengeksekusi mati seseorang asli Papua yang mereka sebut sebagai pengkhianat.

Ia adalah Holem Uamang yang merupakan anak buah Joni Botak dari Kodap III Kali Kopi Timika.

Tak hanya menembak mati, pasukan Lewis Kogoya juga merampas senjata api yang dimiliki Holem Uamang beserta radio atau HT dan teleskop (teropong).

Holem Uamang dituding menjadi mata-mata dari aparat keamanan TNI-Polri dan terlibat dalam kematian tokoh OPM, Kelly Kwalik.

Baca Juga: KKB Papua Perang Saudara, Lewis Kogoya Habisi Nyawa Anak Buah Joni Botak Karena Hal Ini, Satu Pimpinan Kritis