Find Us On Social Media :

Cara Hitung Weton Jawa untuk Temukan Hari Pernikahan Terbaik, Waspadai Tanggal Bencana dan Siluman Wanita!

Ilustrasi pernikahan

Gridhot.ID - Masyarakat di pedesaan atau orang tua masih menggunakan cara hitung weton Jawa untuk bisa menentukan hari pernikahan terbaik untuk putra-putrinya.

Banyak anak muda pastinya penasaran dengan bagaimana para orang tua atau tokoh adat bisa menghitung weton Jawa mereka untuk menentukan hari pernikahan.

Dikutip Gridhot dari Gramedia.com, weton adalah hitungan tanggal lahir Jawa.

Weton sendiri tak hanya berfungsi sebagai tanggal lahir, namun juga hitungan untuk ramalan Primbon Jawa.

Menurut kepercayaan Jawa, weton bisa berkaitan dengan ramalan peristiwa tertentu.

Dimana ramalan tersebut dapat ditelaah melalui siklus hari dalam kalender tradisional.

Weton ini bias berguna untuk berbagai hal termasuk menentukan hari baik untuk melakukan hal-hal penting, salah satunya pernikahan.

Dikutip Gridhot dari Intisari Online, weton Jawa juga digunakan dalam penghitungan setiap akan melakukan hajatan, terutama hajat pernikahan.

Dimulai dari penghitungan neptu weton Jawa masing-masing pasangan, apakah sudah cocok atau belum, bila memang tidak cocok, akan dicari hal yang menjadi penangkalnya agar perjalanan rumah tangga mereka kelak baik-baik saja.

Untuk memulai hajatan pernikahan dalam tradisi Jawa, keluarga pengantin wanita, terutama, dimulai dengan memasang ‘tarub’.

Tarub, dalam istilah Jawa, kependekan dari kalimat Jawa ‘ditata supaya murub (bercahaya)’.

Baca Juga: Sahrul Gunawan Akan Menikah Hari Ini dengan Dine Mutiara, Wakil Bupati Bandung Akui Calon Istrinya Teman Curhat yang Baik