Find Us On Social Media :

Letak Halaman Rumah yang Bawa Rezeki untuk Keluarga Sampai ke Cucu Menurut Hitungan Weton Primbon Jawa

Potret halaman rumah Suzanna

Gridhot.ID - Weton merupakan satu dari sekian aspek yang ada di kitab Primbon Jawa.

Dikutip Gridhot dari Gramedia Blog, Weton dipercaya merupakan hari lahir dalam penanggalan Jawa.

Hari lahir ini diketahui tak hanya menunjukkan tanggal, namun juga bisa digunakan sebagai ramalan melalui hitungan khusus dalam Primbon Jawa.

Memang dalam budaya Jawa, berbagai hitungan Weton bisa digunakan untuk beragam macam hajat.

Dikutip Gridhot dari Intisari, Primbon merupakan kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Primbon Jawa, yang berfungsi sebagai pedoman masyarakat Jawa untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan kehidupan kita.

Maka, catatan-catatan dalam Primbon Jawa digunakan sebagai pedoman atau arahan untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan lahir-batin.

Tidak hanya weton Jawa yang kemudian dapat digunakan untuk peramalan watak manusia, peramalan nasib, dan penghitungan jodoh serta rezeki, Primbon Jawa juga digunakan untuk berbagai keperluan.

Keperluan yang dimaksud seperti waktu bercocok tanam, waktu panen, atau menentukan hari baik untuk mendirikan rumah, memasang atap, pindah rumah, arah rumah, termasuk letak halaman rumah.

Menurut Kitab Primbon Betaljemur Adammakna, begini memilih halaman rumah yang baik:

-Bila halaman miring ke timur, namanya Manikmaya, jauh dari penyakit, banyak rezeki, selamat dan tenteram. Pada sudut sebelah barat, tanamilah pohon cocor bebek.

Baca Juga: Hanya 6 Orang yang Lolos Seleksi PPPK Teknis Pemprov Babel, Peserta Keluhkan Passing Grade Tinggi dan Soal yang Sulit