Find Us On Social Media :

Terkuak Rahasia 32 Biksu Kuat Jalan Kaki dari Thailand ke Indonesia, Mulai Berangkat sejak 2 Bulan Lalu dan Tak Membawa Uang Sepeser Pun

Aksi jalan kaki yang dilakukan 32 biksu dari Thailand menuju Indonesia sedang hangat diperbincangkan

Gridhot.ID - Aksi jalan kaki yang dilakukan 32 biksu dari Thailand menuju Indonesia sedang hangat diperbincangkan.

Para bisku itu berjalan kaki sejauh ribuan kilometer untuk menghadiri puncak perayaan hari raya Waisak di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada 4 Juni 2023 mendatang.

Melansir dari Kompas.com, Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Kota Bekasi Ronny Hermawan mengatakan aksi jalan kaki para biksu itu merupakan ritual Thudong.

Thudong merupakan perjalanan religi yang ditempuh dengan cara berjalan kaki sejauh ribuan kilometer.

Sebanyak 32 biksu yang berjalan kaki dari Thailand ke Indonesia hanya makan secukupnya dari pemberian warga dan tidur di rumah-rumah ibadah.

Lantas, apa rahasia 32 biksu itu kuat jalan kaki dari Thailand ke Indonesia?

Sudah terbiasa menempa diri

Diketahui, sebanyak 32 biksu yang jalan kaki menuju Candi Borobudur berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Ketua Thudong Internasional Welly Widadi mengatakan, 32 biksu itu sanggup berjalan kaki lintas negara karena mereka sudah melakukan persiapan secara fisik.

Persiapan yang ia maksud adalah melakukan meditasi dan mengendalikan diri, seperti rasa lapar, rasa makanan dan amarah.

"Karena mereka sudah terbiasa meditasi. Persiapan mereka seperti itu," ujar Welly kepada Kompas.com, Rabu (17/4/2023).

Baca Juga: Foto dan Video Tersebar Luas, 2 Pria yang Bersama Tangmo Nida di Speedboat Dikabarkan Jadi Biksu untuk Hindari Kasus Hukum, Netizen Mengaku Kasihan