Find Us On Social Media :

Apa Itu Strategi Bumi Hangus yang Disinggung Ma'ruf Amin di Operasi Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB Papua?

Ilustrasi KKB Papua.

Gridhot.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar para prajurit TNI tidak menggunakan sistem atau strategi Bumi Hangus dalam operasi pembebasan pilot Susi Air dari KKB Papua.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Ma'ruf Amin tidak ingin nantinya ada jatuh korban dalam operasi pembebasan tersebut.

"Operasi (penyelamatan) yang dilakukan tentu kita harus memperhitungkan, jangan sampai terjadi (jatuh) korban," kata Ma'ruf melalui keterangan tertulis, Jumat (26/5/2023), sebagaimana diberitakan Tribunnews.com.

Dengan demikian, operasi penyelamatan sangat memperhatikan keselamatan sandera dan tidak akan menggunakan sistem bumi hangus.

"Jadi, tidak sistem bumi hangus. Mungkin kalau seperti itu mudah saja, tapi bagaimana operasi itu dilakukan, (sandera) selamat, tetapi tidak menimbulkan banyak korban,” imbuhnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Politik Bumi Hangus adalah salah satu strategi militer yang sudah digunakan sejak peperangan zaman dahulu.

Taktik politik bumi hangus dilakukan untuk mengusir musuh atau mengagalkan serangan yang akan dilakukan.

Makna politik bumi hangus adalah strategi militer yang bertujuan untuk menghancurkan apapun yang mungkin berguna untuk musuh.

Strategi militer bumi hangus sudah dilakukan sejak masa peperangan kuno.

Taktik bumi hangus ini digunakan untuk menghancurkan aset apa pun yang dapat digunakan oleh musuh, biasanya mencakup senjata, kendaraan, situs komunikasi, dan industri yang jelas atau manufaktur.

Praktik ini dapat dilakukan oleh militer di wilayah musuh atau wilayah tempat asalnya sendiri pada saat negara atau daerah sedang diserbu oleh musuh.

Baca Juga: 5 Weton Paling Percaya Diri, Ada Minggu Pahing yang Punya Hasrat Kuat Capai Kesuksesan