Find Us On Social Media :

Penjelasan Lengkap Apa Itu Project S TikTok, DPR Sampai Geger UMKM Indonesia Terancam Tertindas di Negeri Sendiri

Ilustrasi TikTok

Gridhot.ID - Project S TikTok kini sedang menjadi sorotan bahkan sampai ke ranah pemerintahan.

Pasalnya Project S TikTok ini disebut-sebut bisa membuat UMKM Indonesia tergeser habis-habisan.

Lalu apa itu Project S TikTok yang harus diwaspadai para pelaku UMKM?

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Project S TikTok adalah agenda untuk menjual produk TikTok sendiri. Agenda ini pertama kali dilaporkan Financial Times pada 21 Juni 2023. Project S TikTok dilaporkan telah beroperasi di pasar Inggris.

"Upaya untuk mulai menjual produknya (TikTok) sendiri dikenal secara internal sebagai 'Project S”, menurut enam sumber yang akrab dengan pembicaraan di internal, sebagaimana dilansir Financial Times yang dikutip dari Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Agenda menjual produk sendiri pada Project S Tiktok hadir dalam bentuk fitur Trendy Beat di Inggris. Di aplikasi TikTok, fitur Trendy Beat hadir untuk menjual produk-produk yang sedang populer.

Beberapa produk populer yang dipajang pada fitur itu, di antaranya alat pembersih telinga dan penyikat bulu hewan peliharaan dari pakaian. Semua produk yang dipajang di Trendy Beat itu berasal dari China.

"Semua produk yang dipajang di fitur Trendy Beat dikirimkan dari China. Penjualnya merupakan perusahaan yang terdaftar di Singapura, tetapi tercatat dimiliki oleh ByteDance,” ungkap sumber yang mengetahui operasi itu.

Berdasarkan tautan yang terpasan di fitur Trendy Beat, produk-produk yang dijajakan lewat fitur tersebut diketahui dijual oleh Seitu. Seitu sendiri merupakan perusahaan yang terdaftar di Singapura dan terhubung dengan If Youu, perusahaan ritel milik ByteDance.

Seitu dikepalai oleh Lim Wilfred Halim, yang juga merupakan bagian dari TikTok. Di TikTok, Lim Wilfred Halim menjabat sebagai Kepala Anti-Penipuan dan Keamanan E-Commerce Global TikTok di Singapura.

Menurut sumber, model penjualan yang dilakukan TikTok melalui fitur Trendy Beat itu bisa dibilang mirip seperti yang dilakukan Amazon, yaitu membuat dan mempromosikan produknya sendiri yang populer.

Baca Juga: Jarang Minum Air Putih, Youtuber Cantik ini Kehilangan Rp191 Juta untuk Operasi Batu Ginjal, Nyangkut di Kelenjar Urin dengan Ukuran Segini