Find Us On Social Media :

Diadili dalam Kondisi Sakit, Lukas Enembe Tunjuk Dokter Terawan untuk Merawat di RSPAD, Kuasa Hukum: Kondisinya Sudah Drop

Terdakwa kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur Provinsi Papua Lukas Enembe menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Gridhot.ID - Kondisi kesehatan Gubernur Papua nonaktif, Lukas Enembe tengah menurun atau drop sejak Sabtu (15/7/2023) lalu.

Kini, Lukas Enembe dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta sejak Senin (17/7/2023) dini hari.

Kuasa hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengungkapkan, sebelum dilarikan ke rumah sakit, kondisi Gubernur Papua nonaktif itu lemas. Bahkan, kakinya kembali terlihat bengkak.

"Kondisinya sudah drop, sudah dua hari tidak masuk makanan, karena mual dan mengeluh pusing, serta ketika dibantu diminumkan air putih," kata Petrus kepada Kompas.com, Minggu (16/7/2023) malam.

"Pak Lukas kesulitan menelan air minum. Seperti kesakitan tenggorokannya dan saya lihat kakinya mulai bengkak lagi," kata Petrus melanjutkan.

Petrus pun mengaku dihubungi oleh jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Minggu siang untuk melihat kondisi kliennya.

Jaksa meminta tim kuasa hukum untuk membujuk Lukas agar mau dibawa ke RSPAD karena kondisi kesehatannya drop.

Dirawat inap

Setelah dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto, Lukas dilakukan perawatan secara intensif oleh tim dokter.

Kuasa hukum Lukas lainnya, Antonius Eko Nugroho menjelaskan, langkah ini dilakukan oleh pihak RSPAD setelah menangani Lukas dari Unit Gawat Darurat (UGD).

"Pak Lukas dirawat inap di RSPAD, masuk ruangan rawat inap di Paviliun Kartika 2 pada pukul 12.15 malam," ujar Antonius, Senin pagi.

Baca Juga: Lukas Enembe Dimiskinkan, Aset Rp 144,5 Miliar Kini Disita, KPK Duga Eks Gubernur Papua Dibantu Warga Singapura untuk Cuci Uang