Find Us On Social Media :

Sejarah Hitam Lomba Makan Kerupuk, Sang Penyelamat dan Simbol Keprihatinan

Lomba Makan Kerupuk

Gridhot.ID - Indonesia akan selalu memperingati hari kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus.

Selain merayakan dengan melaksanakan upacara di beberapa instansi, para rakyat juga mengadakan berbagai pesta dan perlombaan untuk memeriahkan suasana.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, perlombaan 17 Agustus biasanya akan diisi dengan berbagai lomba unik.

Mulai dari lomba panjat pinang hingga makan kerupuk yang digantung menjadi agenda utama dalam pelaksanaan hari ulang tahun kemerdekaan Tanah Air.

Salah satu yang paling populer adalah lomba makan krupuk yang selalu ada di hampir tiap sudut Indonesia saat merayakan hari kemerdekaan.

Dikutip Gridhot.ID dari Kompas.com, 16 Agustus 2021, "ritual" perayaan HUT RI dengan berbagai macam perlombaan muncul pertama kali pada tahun 1950-an.

Tujuan pengadaan lomba ini guna menghibur rakyat Indonesia yang lelah usai masa peperangan.

Pasalnya kala itu, meski sudah merdeka, kondisi negara yang belum kondusif menyebabkan rakyat masih harus mengangkat senjata untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

Inilah mengapa rakyat Indonesia hampir tak punya waktu untuk merayakan dan menyemarakkan HUT RI.

Hingga pada 1950-an, saat kondisi politik dan keamanan negara mulai kondusif, digelarlah perlombaan dan acara meriah lain sebagai wujud syukur atas kemerdekaan yang sudah digenggam.

Adapun lomba makan kerupuk, bertujuan untuk mengingatkan kembali masyarakat akan kondisi memprihatinkan saat masa peperangan.

Baca Juga: KKB Papua Ajak Barter ke Negara, Pemerhati Ungkap Penukaran Pilot Susi Air dengan Kemerdekaan Papua Tidak Masuk Akal, Sebut Jika nekat Hal Buruk Ini Akan Terjadi