Find Us On Social Media :

Dibuka Besok, Semua Pelamar CPNS 2023 Wajib Buat Akun Baru SSCASN, Begini Caranya

Semua pelamar CPNS 2023 wajib membuat akun baru SSCASN

Gridhot.ID - Pendaftaran seleksi CPNS 2023 akan dibuka pada Minggu (17/9/2023) besok.

Seluruh proses pendaftaran CPNS 2023 akan dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Sebelum melakukan proses pendaftaran, semua pelamar CPNS 2023 wajib membuat akun baru SSCASN, termasuk bagi pelamar yang pernah mendaftar seleksi CPNS sebelumnya.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen dalam konferensi pers terkait Kesiapan Infrastrukrut dan Teknologi Informasi Seleksi CASN 2023, Kamis (14/9/2023).

"Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya," ujar Suharmen.

Pendaftaran akun SSCASN membutuhkan sejumlah data pribadi calon pelamar, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone aktif, dan alamat-email.

Cara daftar akun SSCASN 2023

Disadur dari laman resmi SSCASN, pelamar membuat akun SSCASN menggunakan NIK dan nomor KK atau NIK kepala keluarga yang tercantum di KK pelamar.

Lebih lanjut, tata cara pendaftaran akun SSCASN sebagai berikut:

Dalam pembuatan akun SSCASN, proses validasi data kependudukan berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Baca Juga: SKCK Jadi Syarat untuk Daftar CPNS 2023, Begini Cara Membuatnya Secara Online

Perlu digarisbawahi, apabila ada penggunaan dua atau lebih NIK yang berbeda pada pelamar seleksi CASN, maka dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.