Find Us On Social Media :

F-35 Lightning II Milik AS yang Hilang Bisa Terbang Berjam-jam Sendirian Meski Pilotnya Sudah Melontarkan Diri, Mode Siluman Bikin Susah Dicari

Sekali Lakukan Operasi Militer Bakal Sulit Dihentikan Lawan, Kemampuan Mengerikan F-35 Lightning II, Kandidat Pengganti Su-35 Indonesia

Gridhot.ID - Geger angkatan militer Amerika Serikat yang dilaporkan baru saja kehilangan sebuah jet temput F-35 Lightning II siluman milik mereka.

Pesawat tersebut padahal merupakan salah satu senjata militer termahal milik Amerika Serikat yang pernah ada.

Dilaporkan satu pesawat F-35 Lightning II memiliki harga beli sekitar Rp1,7 triliun.

Harga tersebut belum termasuk biaya perawatan dan operasional selama masa dinasnya.

Sayang, dikutip Gridhot dari Daily Star, jet tempur siluman tersebut menghilang usai sang pilot terpaksa melontarkan diri.

Sang pilot mengakui kalau ada permasalahan yang belum bisa diidentifikasi yang membuat dirinya terpaksa harus melontarkan diri dari pesawat tersebut di udara.

Jet tempur yang masih dalam kondisi menyala tersebut dilaporkan terbang tanpa 'pilot' menuju ke arah yang tidak diketahui ujungnya.

Pesawat itu terakhir diketahui terlacak di sekitar Carolina Selatan.

Kecelakaan ini membuat tentara AS rugi besar-besaran karena pesawat tersebut sangat terbatas.

Sistem autopilot yang dimiliki pesawat tersebut diktahui bisa membuat jet tempurnya terbang sendiri dalam waktu berjam-jam.

Pakar keamanan militer Frederik Mertens mengatakan kalau pesawat tersebut memang sudah dirancang untuk melakukan 'manuver' tersebut.

Baca Juga: Ukraina Minta Jerman Kirim 93 Jet Tempur Tornado ke Negaranya, Padahal Sudah Dipasok Kendaraan Lapis Baja Marder