Find Us On Social Media :

Terkuak Motif Oknum TNI Bacok Komandannya Usai Apel Pagi, Kapendam XVIII Kasuari Bantah soal Isu Rasis, Begini Kronologinya

Dansatdik Secata Rindam XVII Kasuari, Letkol Tamami dibacok oleh anak buahnya bernama Praka DRB di Rindam XVII Kasuari Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, Sabtu (21/10/2023).

Gridhot.ID - Terkuak motif pembacokan yang dilakukan oknum TNI berinisial Praka DRB terhadap komandannya, Letkol Tamami yang menjabat sebagai Dansatdik Secata Rindam XVII Kasuari, Manokwari Selatan.

Peristiwa pembacokan terjadi usai apel pasukan di depan Satdik Secata Rindam XVIII/Kasuari pada Sabtu (21/10/2023).

Akibatnya, korban Letkol Tamami menderita luka hingga harus menerima 12 jahitan di kepala.

Terbaru, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII Kasuari Kolonel Inf Syawaludin Abuhasan mengungkap motif Praka DRB nekat membacok komandannya.

Mengutip dari Kompas.com, Syawaluddin mengatakan, Praka DRB membacok korban karena tidak terima kesalahannya diungkit oleh Letkol Tamami saat apel.

Kala itu korban dijadikan contoh negatif oleh komandannya saat apel pasukan digelar.

Adapun contoh negatif yang dimaksud berkaitan dengan peristiwa gesekan Praka DRB dengan masyarakat.

"Praka DRB ini pada tanggal 15 Oktober 2023 pulang dari kegiatan ibadah, dia kemudian dipalak oleh warga di sekitar Rindam, karena tidak terima dia mengambil tindakan fisik terhadap warga," ucapnya, Kamis (26/10/2023).

Setelah Praka DRB mengambil tindakan fisik, warga sekitar pun tidak terima.

Akhirnya, diputuskan untuk menjatuhkan sanksi berupa denda kepada Praka DRB.

Proses penyelesaian denda yang menyeret Praka DRB kemudian diambil alih oleh Danridam XVIII Kasuari.

Baca Juga: Identitas Penghianat TNI AD yang Terciduk Simpan 77 Amunisi Ilegal, Diduga untuk KKB Papua, Danrem 172/PWY: Pelanggaran Berat