Find Us On Social Media :

Bank Soal CPNS 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Ilustrasi kisi-kisi dan contoh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2023

Gridhot.ID - Inilah kisi-kisi dan contoh soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2023, lengkap dengan kunci jawaban.

Adapun TKP tergabung dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS yang akan dilaksanakan pada 9-18 November 2023.

Soal SKD CPNS 2023 terdiri dari TWK (30 soal), TIU (35 soal), dan TKP (45 soal) dengan durasi waktu 100 menit untuk peserta umum dan 130 menit untuk peserta penyandang disabilitas.

Untuk materi soal TKP, skor jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan nilai paling tinggi 5, serta tidak menjawab bernilai 0.

Nah, untuk persiapan menghadapi ujian, maka Anda perlu mengetahui kisi-kisi dan latihan contoh soal SKD CPNS, salah satunya materi TKP.

Kisi-kisi TKP CPNS resmi dari Kemenpan RB

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) bertujuan menilai kemampuan dalam penguasaan pengetahuan dan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

Contoh soal TKP CPNS

Sub Tema : Radikalisme

1. Anak muda adalah salah satu target utama berbagai kelompok radikal untuk dipengaruhi dan direkrut sebagai simpatisan gerakan radikal di berbagai belahan dunia. Di era digital, metode penyebaran paham radikalisme tidak lagi melalui pertemuan face to face, melainkan memanfaatkan teknologi informasi dan internet. Perkembangan penggunaan internet yang makin masif seringkali dimanfaatkan untuk menyebarkan ideologi dan doktrin radikal, menjajaki dan menjaring kader-kader potensial. Sebagai seorang generasi milenial, apa yang bisa Anda lakukan untuk menangkal bahaya radikalisme di lingkungan sekolah...

Baca Juga: Bank Soal CPNS 2023, Ini Kisi-kisi dan Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan, Lengkap dengan Kunci Jawaban

a. Menggali informasi sebanyak mungkin dan berhati-hati sebelum mengikuti kegiatan dan kelompok sosial tertentub. Menyeleksi teman pergaulan berdasarkan latar belakang keluarga dan sosialc. Menjalankan tugas sebagai pelajar sebaik mungkin dan fokus pada nilai akademikd. Menghindari kegiatan organisasi yang berasal dari luar sekolahe. Rajin mengikuti kajian keagamaan untuk memperoleh pemahaman agama yang benar