Find Us On Social Media :

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Tokoh Penting Ini Meninggal Dunia, Sosok Prajurit TNI Wanita Pertama yang Minta Sendiri untuk Jalani Misi Berbahaya

Herlina Kasim sang penjuang anggot TNI Wanita pertama yang berani mengambil misi berbahaya

Gridhot.ID - Inalillahi wa innailaihi rojiun, sosok tokoh militer penting ini meninggal dunia.

Meski telah lama meninggal dunia, namanya akan terus dikenang lewat kisah-kisahnya berjuang untuk bangsa Indonesia di tengah peperangan hebat.

Sosok yang telah meninggal dunia tersebut adalah Herlina Kasim.

Dikutip Gridhot dari Antara, Herlina Kasim meninggal dunia di usia 75 tahun.

Herlina Kasim diketahui meninggal dunia di Jakarta pada tahun 2017 silam.

Jenazah Herlina Kasim, dimakamkan di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, pada Rabu siang.

"Ibu sudah mengamanahkan demikian. Beliau tidak mau disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta," kata kata anak laki-laki Herlina, Rigel Wahyu Nugroho, kepada Antara saat ditemui di rumah duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu dinihari.

Menurut keterangan Rigel, jenazah penerima penghargaan "Pending Emas" dari Presiden Soekarno itu sudah dirawat di rumah sakit selama 13 hari terakhir karena penyakit komplikasi.

"Pada pukul 22.15 WIB (Selasa) dokter menyatakan bahwa ibu sudah tidak bisa diselamatkan," kata Rigel.

Soekarno memberikan Pending Emas, yang berupa emas seberat setengah kilogram serta uang Rp10 juta, atas jasa Herlina yang turut bergerilya dalam Tri Komando Rakyat (Trikora)--sebuah operasi beranggotakan relawan sipil dengan tugas penyusupan dan penyerangan terbuka di sejumlah wilayah strategis Papua.

Operasi Trikora merupakan pelengkap operasi Mandala yang beranggotakan satuan militer di bawah komando Mayor Jenderal Soeharto--presiden kedua Indonesia.

Baca Juga: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Kiper Legendaris Ini Meninggal Dunia, Koma Beberapa Hari Usai Asam Lambung dan Komplikasi Ini