Find Us On Social Media :

Tegaskan 5 Mayat di Unpri Medan sebagai Kadaver, Pihak Kampus Sesalkan Aksi Polisi yang Semena-mena, Minta Kapolda Lakukan Hal Ini

Pihak Unpri Medan lewat Wakil Dekan Fakultan Kedokteran, Kolonel (Purn) Drg. Susanto, mengatakan lima mayat yang ditemukan bukan korban pembunuhan tapi kadaver.

GridHot.ID - Lima mayat ditemukan di gedung lantai 15 Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (12/12/2023)

Pihak Unpri Medan lewat Wakil Dekan Fakultan Kedokteran, Kolonel (Purn) Drg. Susanto, mengatakan lima mayat tersebut bukan korban pembunuhan.

Susanto menyebut, lima mayat itu merupakan kadaver, jenazah yang digunakan untuk media pembelajaran anatomi. 

Lewat video berdurasai 5 menit yang tayang di YouTube KompasTV pada Rabu (13/12/2023), Susanto menjelaskan bahwa Unpri Medan memiliki Fakultas Kedokteran yang berdiri sejak tahun 2018.

Di fakultas kedokteran tersebut, memiliki beberapa laboratorium untuk menunjang proses belajar mengajar, salah satunya adalah laboratorium anatomi yang di dalamnya menyimpan kadaver.

"Unpri Medan memiliki fakultas kedokteran yang berdiri sejak tahun 2008, dan di fakultas kedokteran tersebut memiliki beberapa laboratorium untuk menunjang proses belajar mengajar," jelas Susanto.

"Salah satu lab adalah lab anatomi... Di dalam laboratorium anatomi salah satu media belajar adalah kadaver yaitu tubuh manusia yang diawetkan," lanjutnya.

Susanto menyebut, lima mayat yakni 1 perempuan dan 4 laki-laki yang ditemukan pihak kepolisan merupakan kadaver untuk pembelajaran di lab anatomi fakultas kedokteran.

Cadaver tersebut, kata Susanto, telah diadakan oleh rektor terdahulu yakni Prof. DR. Jacobus Tarigan, pada tahun 2005.

Menurut Susanto, setiap fakultas kedokteran pasti memiliki kadaver.

"Kami sangat yakin di setiap fakultas kedokteran di Indonesia memiliki media kadaver sebagai media pembelajaran. Peraturan tentang kadaver sebagai media pembelajaran anatomi telah diatur oleh undang-undang," ucapnya.

Baca Juga: Asal Usul 5 Mayat di Gedung Unpri Masih Misteri, Kedatangan Polisi Sempat Ditolak Kampus, Begini Kronologinya