Find Us On Social Media :

Bansos BPNT Rp 400 Ribu Cair Desember 2023, Begini Cara Cek Penerimanya

Ilustrasi bansos cair bulan Desember 2023

Gridhot.ID - Kabar baik untuk Anda lantaran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2023 akan segera cair.

Bansos BPNT ini merupakan penyaluran tahapan terakhir di tahun 2023 ini.

Namun, masyarakat penerima bansos BPNT menghadapi perubahan signifikan dalam sistem pencairan pada Desember 2023.

Pasalnya, bantuan sebesar Rp 400 ribu yang sebelumnya dilakukan melalui e-warong, kini akan ditransfer langsung ke rekening bank penerima atau dapat diambil di kantor pos.

Perubahan ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk mempermudah dan memberikan fleksibilitas dalam pencairan dana bantuan.

BPNT tahun 2023 telah memasuki tahap akhir pencairannya.

Tahap 4 Program Keluarga Harapan (PKH) dan tahap 6 BPNT untuk pencairan di bank Himbara sedang berlangsung, sementara tahap 4 BPNT di kantor pos juga telah tiba.

Meskipun terdapat perbedaan dalam tahapan pencairan, total bantuan yang diterima oleh penerima BPNT pada tahun 2023 mencapai Rp 2,4 juta.

Bantuan ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur dan minyak goreng.

Pencairan BPNT akan berlangsung dengan nilai rapel: Rp 400 ribu untuk dua bulan di rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN dan BSI) dan Rp 600 ribu untuk tiga bulan sekali di kantor pos.

Penerima bantuan harus terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan memiliki kartu keluarga sejahtera (KKS).

Baca Juga: Bansos PKH Cair Desember 2023, Ibu Hamil dan Balita Bisa Kantongi Rp 3 Juta per Tahun, Ini Cara Mendapatkannya