Find Us On Social Media :

Adu Tembak Satgas Damai Cartenz dan KKB Papua di Intan Jaya Tak Terelakkan, Pangdam Cendrawasih: Tak Mungkin Patung Yesus Meledak!

Tampak rumah yang dibakar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Intan Jaya

Gridhot.ID - KKB Papua wilayah kabupaten Intan Jaya diketahui bergerilya melakukan serangan dan intimidasi ke aparat serta masyarakat sekitar.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com sebelumnya, KKB Papua di Intan Jaya tiba-tiba melakukan serangan ke pos jaga di wilayah Sugapa hingga membuat satu orang anggota Satgas Damai Cartenz gugur.

Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur usai terkena tembakan di bagian rahang.

Satgas Damai Cartenz langsung melakukan pengejaran terkait kasus penembakan ini.

Baku tembak kembali terjadi pada Minggu, 21 Januari 2024 di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Tiga anggota KKB Papua diketahui tewas terkena tembakan dari aparat yang berjaga usai adu tembak sengit di wilayah terswebut.

Beberapa kejadian ini membuat wilayah Intan Jaya memanas dan mencekam.

Bahkan beberapa waktu lalu KKB Papua disebut melakukan intimidasi ke warga sekitar sehingga masyarakat sampai harus mengungsi dan meminta perlindungan ke TNI Polri di sekitar wilayah tersebut.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, Pangdam XVII /Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengungkap penyebab situasi di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, memanas akhir-akhir ini.

Bahkan, hingga terjadi aksi baku tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB.

Mayjen Izak Pangemanan mengungkapkan terdapat dua isu yang menyebabkan situasi di Sugapa, Intan Jaya, tidak kondusif.

Baca Juga: Benny Wenda Kebanyakan Sesumbar, Kepala Suku Bak Sudah Muak dengan Kelakuan Jubir KKB Papua: Kami Sudah Hidup Aman!