Find Us On Social Media :

Undius Kogoya Pikul Beban Berat usai 5 Anak Buahnya Tewas Sia-sia dalam Kontak Senjata, Kini Perintahkan Anggota KKB Lakukan Ini

Ilustrasi KKB Papua

GridHot.ID - Kontak tembak antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan aparat gabungan TNI- Polri di Sugapa, Intan Jaya meletus pada 19-23 Januari 2024.

Akibatnya, lima anggota KKB dinyatakan tewas dan dua orang lainnya luka-luka.

Melansir Tribun-Papua.com, tewasnya secara sia-sia sejumlah anggota KKB itu menjadi berat berat bagi Undius Kogoya, pimpinan KKB di wilayah Intan Jaya.

"Dari informan dalam (KKB) menyampaikan perkembangan terkini menjadi lima orang tewas dan dua orang terluka, saat ini dirawat di markas mereka," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Gusti Nyoman Suriastawa, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/1/2024).

Adapun nama lima anggota KKB yang tewas itu antara lain Oni Kobogau, Yusak Sondegau, Zakius Sondegau, Melkias Matani alias Harisatu Nambagani, dan Agusti.

"Oni Kobogau, Yusak Sondegau, Zakius Sondegau, Melkias Matani alias Harisatu Nambagani dan Agusti dinyatakan tewas, sementara Jaringan Belau dan Kanus Kogoya terluka dan dirawat oleh KKB," jelas Gusti.

Untuk diketahui, kontak tembak antara TNI-Polri dengan KKB berlangsung sejak 19 hingga 23 Januari 2024.

Kontak tembak tersebut berawal saat KKB menyerang Satgas Damai Cartenz di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Jumat (19/1/2024) yang mengakibatkan Bripda Alfandi Steve Karamoy gugur.

Selanjutnya kontak tembak terjadi dan seorang KKB menjadi korban. Kontak tembak tersebut terjadi di Pos Mamba dengan Satgas 330 Kostrad, Mandala IV Kopassus, Elang IV BIN dan BAIS pada, Sabtu (20/1/2024).

Kontak tembak lagi terjadi pada Minggu (21/1/2024) antara KKB dengan Satgas Brimob Damai Cartenz di Pos BPD.

Baca Juga: Anggota KKB Yusak Sondegau Tewas Ditembak Mati Polisi, Anak Buah Apen Kobogau Sempat Lakukan Serangan Brutal di Pos Jaga Satgas Damai Cartenz

Kontak tembak lagi terjadi pada hari selanjutnya yaitu pada Senin (21/1/2024) di Pos Mamba Satgas 330 Kostrad dan Mandala IV Kopassus vdi sektor Tanah Putih.