Find Us On Social Media :

Gempa Taiwan Capai 7,5 Magnitudo Jadi yang Terkuat Selama 25 Tahun Terakhir, Jepang Was-Was Keluarkan Peringatan Tsunami

Dampak dari gempa Taiwan yang terjadi pada Rabu, 3 April 2024

Gridhot.ID - Gempa Taiwan baru saja terjadi hingga membuat geger beberapa negara.

Dikutip Gridhot dari Kompas TV, gempa Taiwan yang baru terjadi pada Rabu, 3 April 2024 tersebut memiliki magnitudo mencapai 7,5.

Akibatnya, beberapa bagunan hancur akibat gempa Taiwan ini.

Seperti dikutip dari The Associated Press, badan pemantau gempa Taiwan menyebutkan kekuatan gempa berkekuatan 7,2 skala Richter, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan gempa berkekuatan 7,5 skala Richter.

Televisi menunjukkan bangunan-bangunan di kota Hualien di timur Taiwan terguncang fondasinya. Gempa ini terasa hingga ibu kota Taipei.

Dilaporkan gempa ini menjadi yang terkuat selama 25 tahun terakhir.

Pusat gempa sendiri terletak sekitar 18 kilometer di selatan Kota Hualien dan getaran dirasakan oleh penduduk di seluruh Pulau Taiwan.

Pejabat di Kota Hualien mengatakan bahwa aktivitas pekerjaan dan sekolah dihentikan setelah gempa bumi tersebut.

Di media sosial, pengguna memposting gambar bangunan yang miring dan setengah roboh serta longsor di area tersebut.

Otoritas mengirimkan peringatan kepada penduduk agar mencari tempat berlindung di dekatnya, berjongkok, dan "tetap tenang."

Gempa tersebut juga membuat para pengguna transportasi umum terdampar di dalam kereta karena kereta api cepat dan sistem metro dihentikan.

Baca Juga: BPBD Kabupaten Bogor Minta Warga Siaga Sewaktu-waktu Cari Tempat Aman, Gempa Gunung Salak Ancam Ciptakan Kengerian Ini