Find Us On Social Media :

Bersenjata Kawal Pilot Susi Air yang Ditawan, Adik Kandung Egianuis Kogoya Baru 2 Tahun Gabung KKB Papua, Ini Jejak Kejahatannya

Pilot Susi Air (tengah) duduk bersama Perek Jelas Kogoya (kanan) yang diduga adik kandung Egianus Kogoya.

Gridhot.ID - Sudah 1 tahun lebih KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air Kapten Philips Marthen.

Setelah ditelusuri aparat TNI-Polri, selama ini pilot Susi Air ternyata dikawal oleh Perek Jelas Kogoya yang diduga adik kandung Egianus Kogoya.

Fakta ini terungkap dari foto terbaru yang viral di media sosial.

Dalam salah satu foto, tampak pilot Susi Air duduk bersama 2 orang anggota KKB Papua yang memegang senjata api laras panjang dan panah.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengungkap, 2 anggota KKB Papua itu sudah dikenali dan dipastikan aktif melakukan aksi kriminal.

"Yang pegang senjata api itu Perek Jelas Kogoya dan yang satu itu Koteka," ujar Faizal kepada Kompas.com," Kamis (8/2/2024).

Adik kandung Egianus Kogoya

Faizal menjelaskan, Perek Jelas Kogoya diduga kuat merupakan adik kandung dari Egianus Kogoya yang merupakan pemimpin tertinggi KKB Papua di Nduga.

Faizal belum bisa menyebutkan secara detail daftar kejahatan Perek Jelas Kogoya.

Namun dia memastikan Perek Jelas Kogoya beberapa kali terlibat aksi yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Dia ini sudah sekitar dua tahun aktif menjadi KKB, dia ikut dalam pembantaian Nogolait (12 warga tewas), lalu 16 April dia memimpin kelompoknya menyerang pasukan TNI (5 gugur) di Mugi," kata Faizal.

Baca Juga: 1 Tahun Pilot Susi Air Ditawan KKB Papua, Selandia Baru Dukung Strategi TNI Hadapai Egianus Kogoya, Jenderal Agus: Soft Power