Find Us On Social Media :

Dalangi Pembakaran Gedung SD di Intan Jaya, Ini Daftar Kekejaman Undius Kogoya, Jabatannya Komandan Kodap VIII KKB Papua

Undius Kogoya pimpinan KKB Papua yang jadi dalang pembakaran gedung SD di Intan Jaya

Gridhot.ID - KKB Papua kembali berulah dengan membakar bangunan SD Negeri Pogapa, Distrik Homeyo, Intan Jaya pada Rabu (1/5/2024) pagi.

"Betul, pagi ini KKB bakar bangunan SD Inpres di Pogapa Homeyo pada pukul 08.00 WIT. Ini lanjutan dari kemarin mereka serang polsek dan bakar bangunan SMP dan ada korban satu orang warga," ujar Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Rabu (1/5/2024).

Ia menjelaskan, pembakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIT dan sebelumnya sempat terdengar suara tembakan di bagian belakang sekolah.

Akibat pembakaran oleh KKB Papua, semua bangunan sekolah ludes terbakar.

Menurutnya, saat itu sekolah dalam kondisi kosong.

"Seluruh bangunan habis terbakar dan saat dibakar tidak ada orang di sekolah," kata dia.

Sementara Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani menyebut, pelaku pembakaran sekolah adalah KKB Papua pimpinan Undius Kogoya.

"Pelaku masih terus kita dalami, tapi dugaan kita pembakaran dilakukan oleh kelompok Undius Kogoya karena selama ini merek yang sering beraksi," katanya melalui pesan singkat.

Sepak Terjang Undius Kogoya

Melansir dari Surya.co.id, Undius Kogoya adalah pimpinan KKB Papua di wilayah Intan Jaya. Jabatannya komandan Kodap VIII KKB Papua Intan Jaya.

Salah satu petinggi KKB yang paling dicari itu memiliki catatan kriminal panjang dalam menebar teror di Papua.

Baca Juga: Kronologi KKB Papua Tembaki Rumah Dinas Polisi di Intan Jaya, 1 Warga Sipil Tewas, Terungkap Siapa Dalang di Baliknya