Visualisasi Pusat pemerintahan Ibu Kota Negara di Kalimantan
Gridhot.ID - Memasuki akhir bulan Februari ini masih dipenuhi dengan lowongan kerja dari berbagai instansi dan perusahaan.
Dikutip Gridhot dari laman Bursa Kerja Depnaker, salah satu instansi yang membuka lowongan kerja adalah Otorita Ibu Kota Nusantara.
Otorita Ibu Kota Nusantara adalah lembaga setingkat kementerian yang menyelenggarakan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, serta penyelenggara Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.
Dipimpin oleh seorang kepala otorita dengan dibantu oleh wakilnya yang ditunjuk oleh Presiden Indonesia dan merupakan anggota kabinet sebagai pejabat setingkat menteri.
Ibu Kota Negara akan dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.
Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat Transformasi Ekonomi Indonesia.
Kini, Otorita Ibu Kota Nusantara membuka lowongan untuk berbagai posisi, berikut daftarnya:
Sekretariat
Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan
Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan
Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan
Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat
Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital
Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi
Deputi Bidang Sarana dan Prasarana
Berikut syarat yang harus dipenuhi para pelamar untuk bisa mendaftar di posisi-posisi tersebut:
Warga Negara Indonesia (WNI)
Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4
Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar
Sehat jasmani dan rohani
Berkelakuan baik
Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan
Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional Disiplin dan berintegritas
Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.
Apabila pelamar merasa sudah memenuhi segala persyaratan tersebut, bisa langsung menyusun berkas lamaran kerja yang berisi:
Daftar Riwayat Hidup sebagaimana format dalam Lampiran 1
Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pindai berwarna Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Pindai ijazah terakhir yang dilegalisir
Pas foto berwarna latar belakang merah dengan kapasitas berkas 500 Kb
Pindai Sertifikat TOEFL dengan minimal skor 500 atau IELTS 6.0 yang dikeluarkan oleh institusi terakreditasi nasional yang berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum tanggal pendaftaran
Mengunggah Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 2
Mengunggah Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen yang ditandatangani di atas materai Rp.10.000,- sebagaimana format dalam Lampiran 3
Seluruh pengumuman dan perkembangan tahapan seleksi terbuka akan disampaikan melalui www.ikn.go.id untuk itu pelamar seleksi terbuka diharapkan aktif mengakses situs dimaksud
Berkas yang masuk akan diperiksa dan diseleksi oleh Panitia Seleksi, dan keputusan tidak dapat diganggu gugat
Seluruh berkas lamaran dikirim dalam format PDF dan hasil pindai berkas tersebut berkapasitas maksimal 10 MB untuk keseluruhan berkas
Apabila berkas lamaran kerja sudah tersusun, para pelamar bisa langsung melakukan pendaftaran kerja secara online dengan melalui link berikut:
Komentar