Find Us On Social Media :

Suka Duka 10 Driver Ojek Online Ini Akhirnya Terbayar dengan Menyandang Gelar 'Juara Partner Go - Food'

Dibalik suka duka 10 driver ojek online ini akhirnya terbayar dengan menyandang gelar 'Juara Partner Go - Food'

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade Prasetyo

Gridhot.ID - Transportasi umum berbasis online sekarang semakin marak di tengah kalangan masyarakat.

Praktisnya ojek online atau ojol dianggap dapat memudahkan perjalanan.

Beberapa fitur yang ditawarkan pun semakin memanjakan publik untuk hidup instan.

Baca Juga : Kisah Driver Ojol dan Pedagang Cakwe Mengadu Nasib Diranah Politik

Dibalik itu semua terdapat usaha keras seorang drive ojek online yang seti menjadi mitra perusahaannya.

Demi memenuhi kebutuhan ekonomi, mereka rela bekerja keras memenuhi kepuasan sang pelanggan.

Seperti dalam sebuah pepatah bahwa sebuah usaha keras pasti tidak akan menghianati hasil.

Baca Juga : Boncengkan Mayat Mahasiswi Pakai Sepeda Motor dari Jogja ke Magelang, Driver Ojol : Korban Saya Masukkan Selimut

Dilansir Gridhot.ID dari Kompas.com Kamis (14/3/2019), sebanyak 10 pengemudi Gojek terpilih menjadi yang terbaik dalam urusan mengantar makanan ke para pelanggan Go-Food.

Sepuluh orang tersebut dinilai secara khusus oleh pihak Gojek melalui sistem mereka.

Tak hanya melihat total order Go-Food yang diambil pengemudi, tetapi juga sikap yang dilihat melalui rating dan komentar positif para pelanggan Gojek Ternyata, tak selalu mudah bagi para pengemudi dalam mengatarkan makanan.

Berbagai pengalaman, suka maupun duka pernah dirasakan oleh para pengemudi tersebut.

Baca Juga : Tak Kunjung Datang Antarkan Pesanan Pelanggannya, Driver Ojol Ini Ternyata Alami Kecelakaan Hingga Tewas

Salah satunya dirasakan oleh Yudi Kurniawan (40) yang sudah menjadi pengemudi Gojek sejak tahun 2015.

Ia pernah terpaksa menerjang derasnya hujan demi mengantarkan pesanan pelanggan secepat mungkin. "Sudah beli makanannya sampe rumah ditelepon enggak diangkat, sampai dua jam baru diangkat, katanya (pelanggan) ketiduran, padahal sudah hujan-hujan," kata Yudi.

Namun kejadian tersebut sama sekali tidak menyurutkan niatnya mencari nafkah dari Gojek. Terbukti ia berhasil membeli sebuah rumah dan sepeda motor baru dari hasil menerjang ribuan kilometer untuk mengantar penumpang, makanan maupun barang.

Baca Juga : Viral di Medsos, Kisah Driver Ojol yang Berhasil Gagalkan Rencana Bunuh Diri Seorang Wanita Hanya dengan Cara Ini

Satu momen berkesan yang diingat Yudi adalah ketika ia mendapat order sepuluh bungkus nasi padang di salah satu restoran.

"Di orderan makanan sampai 10 bungkus nasi padang dia bayar pakai Go-Pay, terus yang order telepon bilang enggak usah anterin bagi aja ke teman-teman," kata Yudi.

Ia awalnya terkejut dan sedikit ragu menerima pemberian dari pelanggan tersebut.

Namun setalah diyakinkan oleh si pemesan bahwa itu adalah bentuk sedekah darinya, Yudi pun menerima pemberian tersebut.

Baca Juga : Dapatkan Mini Cooper Seharga Rp 12 Ribu, Mobil Mewah Milik Driver Ojol Tersebut Ditawar Ratusan Juta

Kebaikan pelanggan juga pernah dirasakan oleh Irfan Setiawan (28) saat mengantarkan makanan.

Kala itu ia yang diminta untuk membeli sebuah makanan di restoran cepat saji, namun setelah membayar pesanan tersebut ia lupa membawa makanan yang akan diantarnya.

"Pas sampai ke tempat costumer tuh ketinggalan makanannya. Saya langsung minta maaf tuh ke costumer," ujar Irfan Bukannya marah, si pelanggan malah menertawakan tingkah Irfan.

Baca Juga : Dedi Haryadi, Pengemudi Ojol yang Berhasil Dapatkan Mini Cooper Seharga Ratusan Juta Hanya dengan Rp 12 Ribu Saat Harbolnas

Sambil tertawa pelanggan tersebut kemudian menyuruh irfan menjemput makanannya.

Hal unik lain yang pernah dirasakan Irfan ketika ia terpaksa menjadi penjual donat selama sehari penuh.

"Jadi waktu itu donat ini lagi diskon besar-besaran, kalau tahun lalu tuh ramai banget yang order sampai antre berjam-jam, nah supaya enggak antre saya stok aja tuh beli banyak keluarin duit sampai sejuta, eh tau-tau promo tahun ini enggak keluar di aplikasi Gojek," kata Irfan.

Irfan yang kebingungan harus diapakan belasan dus donat tersebut kemudia terpaksa menawarkan donat-donat tersebut secara manual. Ia berkeliling menjual donat-donat tersebut.

Baca Juga : Ditilang, Driver Ojol Ngamuk-ngamuk, Polisi Pun Disemprot Ibunya

Ia terpaksa membatalkan orderan tersebut dan hanya bisa pasrah dan ikhlas uang dan poin yang dikumpulkannya hari itu hilang begitu saja.

Namun pada keesokan harinya Basri mendapatkan order makanan dari seorang Biksu dengan total orderan sekitar Rp.100.000.

"Jadi dia sudah bayar pakai Go-Pay, terus pas dianterin dia kasih lagi uang Rp.100.000 buat tips katanya, saya langsung bersyukur, Alhamdulillah buat ganti yang kemarin," kata dia.

Baca Juga : Kisah Haru Driver Ojol yang Dapat Tiket Gratis Nonton Konser Gun N' Roses: Ngefans Sejak SMP Hingga Izin Tak Beri Uang Pada Istri

Hal yang cukup memancing emosi juga pernah dirasakan oleh Wawan (40).

Kala itu dia diminta untuk membeli makanan oleh seorang wanita. "Pas lagi pesan dia telepon tuh bilang '15 menit sampai bisa enggak, Mas'. Saya bilang bisa, terus saya langsung buru-buru ke apartemennya enggak sampai 13 menit lah kira-kira," kata Wawan.

Namun saat Wawan mencoba menghubungi si pelanggan, ia tak menjawab telepon dari Wawan namun ia tetap mencoba menunggu wanita tersebut.

Akhirnya setelah sekitar satu jam dihubungi Wawan, wanita tersebut turun dari apartemennya. Wawan yang jengkel kemudian komplain pelanggan tersebut.

Baca Juga : Wanita Terapis Go - Massage Diduga Jadi Korban Pemerkosaan, Pelaku Tak Akui Malah Sebut Suka Sama Suka

"Ya kan harus komitmen sama waktu, dia bilang 15 menit, enggak sampai 15 menit saya udah sampai, eh dia malah marah-marah terus uang bayarannya dilempar ke muka saya," jelas Wawan.

Ia kemudian memungut uang yang terjatuh ke tanah dan dikembalikannya ke si Wanita tersebut.

"Ya saya Gojek punya harga diri juga," sebut Wawan.

Baca Juga : Usai Semalaman Tak Kunjung Dapat Orederan, Driver Taksi Online Mendadak Lemas Saat Dapati Penumpangnya Bukan Sosok Biasa

Akibat dari kejadian tersebut akun Gojek Wawan sempat diblokir akibat laporan dari si pelanggan.

Ia kemudian menghubungi pihak Gojek untuk memberi pembelaan atas kejadian itu.

"Teleponnya saya kasih Satpam juga yang waktu itu lihat kejadian, terus dia jelasin, akhirnya akun saya dibuka lagi besoknya," kata Wawan.

Meski mengalami serangkaian kejadian tak terduga tersebut para pengemudi ini sama sekali tidak menyerah mengantarkan makanan. Mereka justru bersyukur diberi kesempatan untuk mencari nafkah secara halal oleh pihak Gojek.(*)