Find Us On Social Media :

Diberondong Tembakan Sniper Anggota GAM, Helikopter Pembawa Logistik ke Aceh Tetap Bertahan, Baru Disadari Jadi Target Incaran Saat Melakukan Pendaratan

Heli Twin Pac TNI AU

GridHot.ID - Gerakan Aceh Merdeka (GAM) adalah sebuah organisasi separatis yang memiliki tujuan supaya Aceh lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Konflik antara pemerintah RI dan GAM yang diakibatkan perbedaan keinginan ini telah berlangsung sejak tahun 1976.

Dilansir dari artikel yang tayang di Intisari Online, ketika pemerintah RI melancarkan Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh pada tahun 2003, perlawanan dari kelompok bersenjata GAM masih sering terjadi.

Baca Juga: Marahnya Jarang Tersorot Kamera, Siapa Sangka Nagita Slavina Justru Kerap Ucapkan Kata Terlarang dalam Berumah Tangga, Raffi Ahmad Selalu Berusaha Menahan Emosinya

Untuk memberikan dukungan baik keperluan angkut logistik maupun pasukan, TNI AU mengirimkan heli jenis Sikorsky S-58T Twin Pac ke Aceh.

Heli milik Skadron Udara 6 yang dikirim ke Aceh bernomor registrasi H-3451 dan para awaknya dipimpin oleh Kapten Pnb Handaka.

Suatu hari pada Jumat 21 Februari 2003, Kapten Pnb Handaka dan para awak heli Twin Pac mendapat perintah terbang dari Pangkoops TNI, untuk melaksanakan misi dukungan Pusat Komando Pengendalian Operasi (Puskodalops) TNI.

Baca Juga: Jarang Diketahui Publik, Artis Cantik Ini Rupanya Punya Sekolahan dengan Biaya SPP Super Murah, Hanya Rp 3 Ribu per Bulan