Find Us On Social Media :

Mahfud MD Semprot Duta Besar China Saat Diplomasi Soal Pelanggaran ZEE Natuna, Minta Nelayannya Ganti Profesi: Natuna Hak dan Kedaulatan Kami!

China Arogan Pamer Kekuatan di ZEE Natuna, Jepang Hibahkan Bantuan Kapal Pengawas Perikanan . Kapal penjaga pantai (coast guard) China yang membandel mengawal kapal nelayan China mencuri ikan di perairan Indonesia, Natuna.

Gridhot.ID - Sejumlah kapal ikan China diketahui memasuki Perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada 19 Desember 2019.

Kapal-kapal China yang masuk dinyatakan telah melanggar exclusive economic zone (ZEE) Indonesia dan melakukan kegiatan Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IUUF).

Beberapa kali sudah diberikan peringatan, namun kapal-kapal China tetap nekat masuk wilayah ZEE Indonesia di Natuna, TNI pun bertindak.

Baca Juga: Belum Genap 2 Minggu Putrinya Bungsunya Meninggal Dunia, Ade Irawan Kini Juga Tutup Usia, Titip Pesan Terakhir untuk Dewi Irawan: Kasihan Ria Sudah Nungguin

Hal ini pun membuat geram pihak keamanan Indonesia sehingga TNI harus kerahkan kapal perang bersenjata berat seperti Kapal Republik Indonesia (KRI) dan juga pesawat jet tempur untuk siaga.

Sebanyaknya 600 personel TNI diterjunkan ke Natuna untuk menjaga wilayah yang berbatasan dengan laut China Selatan itu.

Bahkan nelayan Indonesia juga siap berpartisipasi untuk ikut menjadi mata-mata dalam mengamankan wilayah RI.

Baca Juga: Berjuluk Monster Lautan, Ini Penampakan Kapal Gahar Milik Bakamla Indonesia, Dilengkapi Kamar Jenazah Hingga Ruang Tahanan, Siap Adu Banteng dengan Coast Guard China di Natuna

Hal itu pun direspon cepat oleh pemerintah dengan langsung menyurati Kantor Kedutaan China untuk Indonesia di Jakarta.