Find Us On Social Media :

Usai Gunung Anak Krakatau 'Batuk', 13 Gunung Berapi Ini Nyatanya Juga Pada Level Waspada dan Siaga, Berikut Rinciannya

Ilustrasi erupsi gunung berapi

Laporan Wartawan Gridhot, Desy Kurniasari

Gridhot.ID - Gunung Anak Karakatau kembali erupsi pada Jumat (10/4/2020) sekitar pukul 22.35 WIB.

Mengutip Kompas.com, erupsi gunung berapi yang terletak di Selat Sunda ini telah dibenarkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Agus Wibowo.

"Iya benar. Semalam Gunung Anak Krakatau meletus dekat-dekat jam 12 tadi malam hingga jam 5 tadi pagi masih meletus," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020) pagi.

Baca Juga: Secuil Kisah Carmi, TKW Cirebon yang 31 Tahun Hilang di Arab Saudi, Lupa Bahasa Indonesia Hingga Cuma Sosok Ini yang Bisa Mengenali

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, tinggi kolom abu yang dikeluarkan pada erupsi awal sekitar 500 meter atau kurang lebih 657 meter di atas permukaan laut.

Melansir Wartakotalive.com, biasanya, letusan satu gunung berapi juga bisa berpengaruh kepada gunung berapi lainnya yang masih dalam satu rangkaian.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), status gunung berapi pada Jumat (11/4/2020 kemarin adalah 3 pada level III (siaga) dan 10 pada level II (waspada).

Baca Juga: Berjiwa Pengkhianat, Security PT Freeport Terbukti Ada di Balik Aksi Brutal KKB di Mimika, Ivan Sambon yang Kini Ditetapkan Jadi Tersangka Ternyata Anggota KNPB

Seperti kita ketahui, ada empat level atau empat tingkatan status Gunung Berapi.

Tingkatan paling rendah adalah level 1 (normal) yang artinya gunung berapi tersebut aman atau tidak meletus.