Find Us On Social Media :

Indonesia Masih Pontang Panting Hadapi Corona, Luhut Pastikan TKA China Masuk Bulan Juni atau Juli 2020, Sang Menteri: Jangan Sebar Berita Bohong, Kita Buat Lapangan Pekerjaan

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Gridhot.ID - Warga sempat protes ketikak tahu pemerintah akan mendatangkan 500 tenaga kerja asing dari China di tengah wabah virus corona.

Hingga akhirnya kedatangan mereka pun ditunda untuk sementara waktu.

Namun kini Luhut beberkan fakta baru.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memastikan TKA (Tenaga Kerja Asing) asal China atau Tiongkok akan masuk Indonesia.

Baca Juga: Dipercaya Bukan Seperti Kayu Putih Biasa, Kementan Beberkan Khasiat Produk Eucalyptus yang Diklaim Bisa Tangkal Corona, Berikut Penjelasannya

Menurutnya, TKA Tiongkok dibutuhkan pada pertengahan tahun ini.

"Mereka berencana minta (TKA Tiongkok). Saya baru dengar ini dari media malah, nanti Juni atau Juli lah. Mereka sudah minta izin, tetapi kan izin tidak bisa hanya sehari jadi," kata Luhut dalam bincang dengan RRI di Jakarta, Minggu (10/5/2020).

Menko Luhut tak menampik bahwa TKA Tiongkok tersebut sedang mengurus perizinan ke Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Keberadaan tenaga kerja impor ini guna mendukung proyek industri litium baterai sebagai bahan baku mobil listrik.

Baca Juga: Digandrungi Masyarakat Solo, Para Penjual Gudeg di Kota Bengawan Inisiasi Patung Monumen Didi Kempot di Stasiun Balapan, Pak Rudy: Tidak Usah Pakai Petisi!

"Kita harus akui belum siap menjalankan proyek ini sendirian karena teknologi yang digunakan berasal dari sana. Tetapi orang kita tetap mendominasi 90-92 persen lah, karena masih banyak di daerah lain yang pendidikan kurang bagus. Tetapi tiga tahun terakhir sudah diperbaiki," terangnya.

Luhut menegaskan saat ini sudah 600 orang di daerah yang masuk ke Politeknik.