Find Us On Social Media :

Selalu Jadi Ikon Idul Fitri di Indonesia, Sosok Inilah yang Pertama Kali Memperkenalkan Tradisi Ketupat, Punya Makna Mendalam dan Magis di Baliknya

LEBARAN: Selalu Disantap saat Momen Idul Fitri, Ternyata Begini Asal Usul Tradisi Ketupat di Indonesia, Memiliki Makna yang Mendalam dan Inilah Sosok yang Memperkenalkannya Pertama Kali

Gridhot.ID - Salah satu menu wajib saat momen di hari lebaran adalah ketupat.Menjelang Hari Raya Idul Fitri bermunculan para penjual daun kelapa untuk dijadikan ketupat.Selama ini populer saat lebaran, tahukah asal usul ketupat?

Baca Juga: Bikin Jengkel Keluarga Pasien, RSUD Mojokerto Dipungut Biaya Rp 3 Juta oleh Petugas Medis untuk Pemakaman Jenazah, Berikut Tanggapan dari Pihak Rumah Sakit Sama halnya dengan tradisi di Indonesia pasti memiliki latar belakang atau sejarah.Tradisi ketupat berasal dari Islam saat masuk ke tanah Jawa.Sunan Kalijaga sebagai orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa.

Baca Juga: Gerataki Rumah Baru Ruben Onsu, Ayu Ting Ting Kagum Lihat Koleksi Tas Sarwendah, Sang Pedangdut: Ya Allah Wen, Nggak Mau Dikasih Aku Satu?

Melansir BANGKAPOS.com, beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran.Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda.