Find Us On Social Media :

Menlu Retno Marsudi Ngamuk, Seorang Pasukan Kontingen Garuda Gugur Diserang Pemberontak, PBB Turun Tangan Minta Pertanggung Jawaban Negara Ini

Kontingen Garuda

Gridhot.ID - Kontingen Garuda sempat viral saat mengamankan perbatasan Lebanon beberapa waktu lalu.

Namun kini ada kabar duka yang datang dari Kontingen Garuda yang bertugas di negara lain.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyampaikan belasungkawa atas gugurnya anggota TNI, Serma Rama Wahyudi, dalam misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo (Monusco).

Serma Wahyudi diketahui gugur setelah rombongan patrolinya diserang oleh milisi di dekat Beni, kota di Provinsi Kivu Utara, pada Senin (22/6/2020) malam waktu setempat.

Baca Juga: Selama Ini Dikira Vanesha Prescilla, Inilah Sosok Kekasih Iqbaal Ramadhan yang Sebenarnya, Teman SMP Sang Aktor yang Pernah Dihadiahi Bunga dan Boneka

"Penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan," kata Retno dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Dari informasi yang diterima, terdapat dua personel TNI yang menjadi korban dalam serangan tersebut.

Serma Wahyudi dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan korban lainnya, Prt M Syafii Makbul, masih dalam perawatan intensif.

"Dewan Keamanan PBB telah mengutuk keras serangan kepada Monusco dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan," kata Retno.

Baca Juga: Dari Orang Nomor 1 di Jambi Hingga Berujung Masuk Bui, Zumi Zola Lagi-lagi Gigit Jari, Mantan Ayu Dewi Kini Digugat Cerai Sang Istri

Sebagai kontributor personel misi perdamaian PBB terbesar kedelapan di dunia, ia menambahkan, Indonesia selalu aktif dalam menyerukan pentingnya peningkatan keamanan dan keselamatan personel di misi perdamaian pada forum-forum PBB.