Find Us On Social Media :

Wilayahnya Berulang Kali Diprovokasi, Vietnam dan Filipina Akhirnya Mulai Besar Nyali Lawan China, Ini yang Mereka Rencanakan

Letak Laut China Selatan.

Gridhot.ID - Meski harus menghadapi penentangan dari banyak negara lain, tampaknya China tak gentar untuk mengklaim Laut China Selatan.

Peningkatan kekuatan militer pun terus dilakukan.

Rupanya hal itu membuat Vietnam dan Filipina tak tahan.

Baca Juga: Firli Bahuri Ketahuan Pakai Helikopter Limousine Mewah, Sosok Ini Singgung Rapor Merah Ketua KPK: Tersedak, Tak Berani Bongkar Skandal Buku Bank

Vietnam dan Filipina mengingatkan tentang meningkatnya rasa tidak aman di Asia Tenggara pada pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Jumat (26/6).

Ini setelah China meningkatkan kegiatannya di Laut Cina Selatan yang disengketakan selama pandemi virus corona.

Vietnam dan Filipina sudah mengajukan protes ke China pada bulan April 2020 lalu setelah China secara sepihak mendeklarasikan pembentukan distrik administratif baru di pulau-pulau di jalur perairan bermasalah di Laut China Selatan yang juga diklaim menjadi wilayah Vietnam dan Filipina.

Baca Juga: Bikin Heboh Waktu Ngemis-ngemis Jadi Sopir Raffi Ahmad, Dorce Gamalama Malah Cuma Betah 2 Minggu, Ini Alasannya Pamit Sambil Berlinang Air Mata

"Bahkan ketika wilayah kami berjuang untuk menahan wabah corona (Covid-19), insiden-insiden yang mengkhawatirkan di Laut Cina Selatan terjadi," kata Presiden Filipina Rodrigo Duterte dalam pertemuan secara virtual para pemimpin Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada Jumat (16/6) yang dikutip Reuters.

"Kami meminta para pihak untuk menahan diri dari meningkatkan ketegangan dan mematuhi tanggung jawab di bawah hukum internasional," katanya.