Find Us On Social Media :

Gawat! Pertama Kali Sejak Tahun 1998, Indonesia Akan Jatuh ke Jurang Resesi, Inflasi dan Kemiskinan Bisa Terjadi, Lakukan Hal Ini untuk Bertahan

Indonesia Berpotensi Mengalami Resesi Ekonomi

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - Pandemi virus corona berdampak pada perekonomian negara-negara di dunia, termasuk Indonesia.

Bahkan kini perekonomian Indonesia juga terancam jatuh ke jurang resesi yang diprediksi akan terjadi pada kuartal III 2020.

Pasalnya, hal ini mengikuti pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi atau minus sejak kuartal II 2020.

Baca Juga: Tahun 2020 Tinggal 4 Bulan Lagi, Indonesia Terancam Resesi, Ekonom Singgung Skenario Terburuk

Jika pertumbuhan ekonomi masih minus pada kuartal III 2020, maka ini adalah resesi pertama yang dialami Indonesia sejak 1998.

Melansir Kompas.com, bila resesi benar-benar terjadi, dampak seperti apa yang akan ditimbulkan, terutama bagi masyarakat kelas bawah?

Naiknya angka kemiskinan

Pakar Finansial Ahmad Gozali mengatakan dampak resesi ekonomi, terutama pada masyarakat kelas bawah adalah tingkat pengangguran yang bertambah.

Baca Juga: Sebut Sekolah Negeri Diutamakan untuk Siswa Berekonomi Rendah, Nadiem Makarim Kena Semprot Komisioner KPAI, Sebut Sang Menteri Tak Paham Konstitusi Republik Indonesia, Retno: Tanggung Jawab Pemerintah!

"Produksi dalam negeri berkurang otomatis lapangan kerja juga berkurang. Hal ini menyebabkan naiknya angka kemiskinan," kata Gozali saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Selain itu, resesi juga bisa menyebabkan deflasi atau penurunan harga, tapi resesi yang berkelanjutan justru menyebabkan hyper inflasi (kenaikan harga sangat tinggi).