Find Us On Social Media :

Takut Salah Sasaran dan Buat Negara Tetangga Salah Paham, Tiongkok Koar-koar Sendiri Usai Tembakkan 2 Rudal Penghancur Kapal ke Laut China Selatan

China Military

Gridhot.ID - China buat geger negeri-negeri tetangganya akibat aksinya di laut China selatan.

Dilapotkan China meluncurkan dua rudal jarak menengah ke Laut China Selatan pada Rabu (26/8) pagi.

Sumber yang dekat dengan militer China mengatakan, Tiongok sengaja mengirimkan peringatan ke Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Dikuliti Tetangga Sekitar Rumah, Ternyata Seperti Ini Sikap Nadya Mustika Rahayu Usai Dinikahi Rizki D'Academy, Berubah?

Peluncuran rudal itu selang satu hari setelah China menyebutkan, sebuah pesawat mata-mata U-2 AS memasuki zona larangan terbang tanpa izin selama latihan Angkatan Laut China di lepas pantai Utara Laut Bohai.

Salah satu rudal, DF-26B, meluncur dari Provinsi Qinghai, Barat Laut China. Sementara satu lagi, DF-21D lepas landas dari Provinsi Zhejiang di China Timur.

Keduanya ditembakkan ke daerah tenggara Provinsi Hainan dan Kepulauan Paracel, sumber China South Morning Post yang dekat dengan militer China mengungkapkan.

Baca Juga: Pilih Abaikan Rasa Sakit Sejak Seminggu yang Lalu, Lesti Kejora Kini Tumbang, Keberadaan Sang Gebetan Justru Dipertanyakan, Kemana Rizky Billar?

Area pendaratan kedua rudal tersebut berada dalam zona, yang menurut otoritas keamanan maritim Hainan pada Jumat (21/8), terlarang karena latihan militer yang berlangsung dari Senin (24/8) hingga Sabtu (29/8).

Rudal balistik anti-kapal DF-26 memiliki jangkauan 4.000 km dan dapat digunakan dalam serangan nuklir atau konvensional terhadap target darat dan laut.

Sebelumnya, awal Agustus lalu, Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) juga meluncurkan DF-26. Mampu menyerang target bergerak di laut, DF-26 mendapat julukan "pembunuh kapal induk".

Baca Juga: Heboh! Gempa Besar dan Tsunami Diisukan Akan Melanda Indonesia pada 28 Agustus 2020, BMKG Tegaskan Hal Ini