Find Us On Social Media :

Kelewat Percaya Diri, China Tak Punya Malu Tetap Klaim Wilayah Natuna Meski Disoroti Media Internasional, Bakamla: Tak Ada Timpang Tindih ZEE dengan Perairan Tiongkok!

Buntut Coast Guard China Terobos Natuna Utara, Kemenlu Negeri Tirai Bambu Angkat Bicara

Gridhot.ID - Meski sudah diperingatkan berulang kali, kapal Coast Guard China masih saja nekat menerobos ke wilayah Indonesia.

Bakamla (Badan Keamanan Laut) RI pada Sabtu (12/9/2020) mendapati kapal dengan nomor lambung 5024 nyelonong ke perairan Natuna Utara.

Namun, peringatan itu tetap tak digubris.

Kapal Tiongkok yang dikenal dengan CCG 5204, tetap masuk ke wilayah Indonesia.

Baca Juga: 16 Tahun Mengabdi Sebagai Anggota TNI AU, Wawan Heri Akhirnya Malah Pilih Resign dan Jadi Satpam di Solo, Karirnya Makin Melesat Tajam Hingga Jadi Manajer, Ternyata Ini Alasannya Keluar dari Pasukan

Aksi penyelonongan itu juga disorot oleh media berbasi Inggris, Daily Express pada Selasa (15/9/20).

Dalam tulisannya, Express menyebut Indonesia melakukan aksi penentangan atas gangguan yang terjadi di perairan mereka.

Namun, dengan percaya diri China justru mengatakan mereka sedang berpatroli di wilayah yang dimilikinya.

Baca Juga: Hengky Wamang Sang Penyelenggara Perang Mati Ditembak Tim TNI-Polri, Pasukan KKB Papua Langsung Bubar dan Balik ke Kandang Masing-masing, Kapolda: Dia yang Mengatur Semua

Sementara Duta Besar Indonesia Teuku Faizasyah, mengatakan, "Kementerian menegaskan kembali kepada China tidak ada tumpang tindih antara zona ekonomi eksklusif dan perairan China." 

Alhasil, kapal itu harus diusir dari wilayah itu pada Senin (14/9/2020), setelah pertengkaran sengit antara pihak berwenang Indonesia, lapor South China Morning Post.