Find Us On Social Media :

Dimintai Tolong Timor Leste, Indonesia Langsung Ambil Sikap, Kirim Kapal Perang Rumah Sakit Level III ke Bumi Lorosae, Ini Alasannya

ilustrasi Timor Leste

GridHot.ID -Timor Leste perah menjadi bagian dari Indonesia.

Namun, Timor Leste memilih memelepaskan diri.

Diketahui, selama periode 1975 hingga 1999, banyak terjadi pertumpahan darah di Timor Leste, peperangan terjadi antara tentara Indonesia dan orang-orang Timor Leste yang menginginkan kemerdekaan.

Perlawanan rakyat Timor Leste mencapai puncaknya di tahun 1999, dengan diberikannya kesempatan untuk dilakukan referendum.

Referendum Timor Leste itu akhirnya menunjukkan hasil bahwa mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan kemerdekaan dan menjadi negara sendiri.

Baca Juga: Lepas dari Indonesia Tapi Hidup dalam Belenggu Kemiskinan, Warga Timor Leste Pertanyakan Arti Kemerdekaan: Kami Tidak Memiliki Apa-apa

Sejarah itu menjadikan Indonesia dicap sebagai bekas penjajah Timor Leste.

Namun rupanya, setelah lepas dari Indonesia dan menjadi negara sendiri, Timor Leste pernah meminta bantuan penting kepada Indonesia.

Melansir Military-Medicine.com, pada 9 Juli 2015, Kementerian Pertahanan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) menulis surat undangan kepada Tim Medis Rumah Sakit Angkatan Darat Pusat Gatot Soebroto, Jakarta.

Surat itu bertujuan untuk meminta pertolongan medis di Timor Leste.

Surat tersebut kemudian ditanggapi oleh Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu untuk membangun satuan tugas medis yang terdiri dari TNI Angkatan Laut, TNI AL, TNI AU, Ahli Bedah Jenderal Mabes TNI dan Mindef.

Baca Juga: Terperangkap Program Orde Baru, Timor Leste Kini Terancam Bencana Kelaparan Mengerikan, Kesehatan Rakyatnya Sudah Berada di Garis Krisis