Find Us On Social Media :

Atas Nama Keadilan dan Transparansi, Erick Thohir Yakin Gabungkan 3 Bank Syariah Pelat Merah Demi Jadikan Indonesia Pusat Ekonomi Syariah: Tonggak Sejarah Bagi Kita Semua

Erick Thohir ubah logo BUMN

Gridhot.ID - BUMN memang sudah memiliki banyak rencana besar ke depannya di bawah naungan Erick Thohir.

Salah satunya adalah yang perekonomian syariah.

Rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengkonsolidasikan bank syariah pelat merah semakin nyata.

Hari ini Selasa (13/1), tiga bank umum syariah milik BUMN akan melakukan Penandatanganan Conditional Merger Agreement Bank BUMN Syariah.

Baca Juga: Tak Mau Beri Kesempatan Kedua, Hakim Resmi Vonis 3 Eks Bos Jiwasraya Penjara Seumur Hidup, Padahal Awalnya Hanya Satu yang Dituntut

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia harus bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.

Oleh sebab itu, BUMN akan melakukan penggabungan PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank BNI Syariah dan PT Bank Syariah Mandiri.

"Menjadi satu keluarga besar. Langkah ini merupakan tonggak sejarah untuk kita semua. Tonggak pertama persiapan dan tinjauan-tinjauan untuk merealisasikan rencana penggabungan bank bank syariah nasional," kata Erick dalam video yang berdurasi singkat, yang dikutip Selasa (13/10).

Ia mengatakan, penggabungan ini membuat Indonesia semakin dekat dengan tujuan ekonomi syariah yakni keadilan.

Baca Juga: Dibawa Pulang Luhut dan Terawan, Vaksin Corona Siap Tersedia di Indonesia Bulan Depan, Ahli Minta Kemenkes Segera Terbitkan EUA

Erick menilai keadilan dan transparansi dinilai telah membuat bank-bank syariah mampu bertahan di tengah krisis pandemik Covid-19, bahkan mampu menorehkan kinerja yang positif.

Erick mengakui saat ini Indonesia masih tertinggal dari negara Islam lainnya dalam mewujudkan ekonomi berbasis syariah. Namun ia yakin dengan langkah ini bisa membuat Indonesia bangkit untuk sektor keuangan syariah.