Find Us On Social Media :

Kalah Telak dengan China dan Rusia, Arab Saudi Gagal Rebut Kursi Anggota Dewan HAM PBB, Hal Ini yang Jadi Penyebabnya

Raja Salman bin Abdulaziz

Gridhot.ID - Arab Saudi gagal menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) setelah kalah suara dalam Sidang Umum PBB.

China dan Rusia terpilih jadi anggota Dewan HAM PBB meski kedua negara itu memiliki reputasi buruk dalam isu pelanggaran HAM.

China dan Arab Saudi awalnya bersaing untuk memperebutkan lima kursi anggota Dewan HAM.

Baca Juga: Mengenal Sosok Letkol Revilla Oulina Piliang, Perempuan Pertama Dunia Asal Indonesia yang Jadi Komandan Pasukan PBB di Afrika, Begini Kisahnya

Namun dari 193 anggota PBB, hanya 90 yang mendukung Saudi, sementara 169 negara memilih Pakistan, 164 negara untuk Uzbekistan, 150 untuk Nepal dan China mendapat 139 suara.

Arab Saudi banyak dikritik, lantaran dianggap membungkam pegiat HAM, oposisi atau aktivis hak perempuan.

Selain itu, Riyadh juga dinilai enggan mempertanggungjawabkan pelanggaran HAM lama, seperti pembunuhan terhadap wartawan Washington Post, Jamal Kashoggi, di Istanbul, Turki, 2018 silam.

Baca Juga: Sok Tahu Soal Isu Pelanggaran HAM Papua, Diplomat Indonesia Beri PM Vanuatu Tamparan Keras di Depan PBB: Memalukan, Simpan Khotbah untuk Diri Anda Sendiri!

Sarah Leah Whitson, Direktur Eksekutif Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang, yang ikut mendukung Kashoggi, mengatakan pewaris tahta kerajaan, Pangeran Mohammed bin Salman, menghabiskan ratusan juta dollar AS untuk memoles citranya, "supaya menutupi pelanggaran kejam ini, dan dunia internasional mempercayainya."