Find Us On Social Media :

Merangsek Masuk ke Selat Taiwan, Begini Detik-detik SU-30 China Duel Lawan F-16 Taipei di Udara, Eks Pilot: Dia Tak Punya Cara untuk Bereaksi

Ilustrasi - F-16 Taiwan Adu Sangar dengan Su-30 China di Langit Taipe.

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - China telah meningkatkan tekanan pada Angkatan Udara Taiwan, dengan gencar melakukan latihan militer di wilayah tersebut secara terus-menerus.

Bahkan, belakangan media lokal Taiwan memberitakan pertarungan sengit duel udara antara jet tempur F-16 Taiwan dengan jet tempur Su-30 China.

Melansir Tribun-Medan.com, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) mengumumkan pada 10 September bahwa beberapa pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF), termasuk jet tempur Su-30 dan pesawat angkut Shaanxi Y-8, melanggar ADIZ Taiwan.

Baca Juga: Strategi Invasinya Dibocorkan Media Negaranya Sendiri, AS Langsung Pasang Badan Usai Tahu China Bakal Bumi Hanguskan Teipei, Sarankan Taiwan Adopsi Pertahanan Ala Militer Amerika untuk Tangkal PLA Army

MND mengatakan bahwa pesawat China tersebut melakukan beberapa kali penerbangan ke wilayah ADIZ Taiwan hingga dan Angkatan Udara Taiwan mengirimkan jet tempur F-16 untuk memantau dan mencegat pesawat musuh.

Pada 15 Oktober, TVBS mengutip seorang pensiunan pilot Angkatan Udara Jao Tzu-chiang, yang mengungkapkan pada 10 September bahwa dua jet Angkatan Udara Taiwan mengejar pesawat PLAAF Y-8 yang masuk ke ADIZ Taiwan.

Dilansir dari Sosok.id, hal tersebut terjadi ketika Angkatan Udara PLA (PLAAF) mencoba masuk ke pulau-pulau Taiwan selama kunjungan seorang diplomat top Amerika, laporan mengungkapkan bahwa pertempuran udara singkat terjadi antara F-16 Taiwan dan PLAAF Su-30MKK, di mana yang pertama memaksa yang terakhir mundur.

Baca Juga: Dianggap Merusak Perdamaian dan Stabilitas, Berlayarnya Kapal Perang AS di Selat Taiwan Bikin China Geram, Kolonel Zhang Beri Peringatan Tegas: Berhenti Menimbulkan Masalah

Dikutip dari Eurasian Times, menurut laporan yang diterbitkan oleh kantor berita Taiwan, Su-30MKK sedang menyediakan pengawalan ke pesawat angkut Shaanxi Y-8, ketika para pejuang pulau itu bergegas untuk mencegatnya di pagi hari.

Perebutan jet tempur adalah hal biasa yang dilakukan oleh Taipei setiap kali PLAAF menyusup ke wilayah udaranya.