Find Us On Social Media :

Sudah Tembus Rp 5.803 Triliun, Utang Luar Negeri Indonesia Terus Melonjak Tajam, Begini Kata Sri Mulyani

Ilustrasi uang dollar AS pada utang luar negeri Indonesia

GridHot.ID - Hampir semua negara memiliki utang luar negeri.

Melansir Wikipedia, utang luar negeri adalah sebagian dari total utang suatu negara yang diperoleh dari para kreditor di luar negara tersebut. 

Bentuk utang dapat berupa uang yang diperoleh dari bank swasta, pemerintah negara lain, atau lembaga keuangan internasional seperti IMF dan Bank Dunia.

Lantas berapa jumlah utang luar negeri Indonesia?

Diberitakan TribunJateng.com, utang luar negeri Indonesia tercatat mencapai 417,5 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 5.803,2 triliun (kurs Rp 13.900 per dollar AS) per kuartal IV 2020.

Baca Juga: Terjebak Utang dari China, 8 Negara Ini Diprediksi Bakal Bangkrut Sebentar Lagi, Tetangga Indonesia Jadi Salah Satunya

Data tersebut dirilis Bank Indonesia (BI) pada Senin (16/2/2021).

Jika dibandingkan dengan kuartal III di tahun yang sama utang tersebut meningkat.

Posisi utang luar negeri Indonesia pada akhir kuartal IV 2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan akhir kuartal III yang sebesar 413,4 miliar dollar AS.

Besaran utang itu terdiri dari utang luar negeri (ULN) sektor publik pada akhir kuartal IV 2020, yakni pemerintah dan bank sentral, sebesar 209,2 miliar dollar AS atau Rp 2.907 triliun dan ULN sektor swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dollar AS atau Rp 2.895 triliun.

Jika dirunut dari tahun ke tahun, utang luar negeri Indonesia, dalam hal ini utang pemerintah, memang terus mengalami lonjakan.

Baca Juga: Dibebani Hutang Fantastis Mantan Suaminya, Sarita Abdul Mukti Banting Tulang Bertahan Hidup Bersama 4 Anakya Pasca Diceraikan: Kerja Pas-pasan yang Penting Halal